Jika Anda pengguna ponel android, mungkin pernah mengalami layar tidak merespon saat disentuh. Jika pernah, jangan menganggap dulu kalau layar ponsel android Anda rusak. Jika layar sentuh ponsel Android Anda sering gagal merespons atau tidak berfungsi sama sekali, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sebelum membawanya ke tempat service.

Berikut ini ada beberapa perbaikan yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu :

1. Restart Ponsel Android Anda

Pada kasus umum yang terjadi layar ponsel android tidak merespon biasanya dikarenakan terjadinya hang/stuck/freeze. Jadi solusi pertama yang harus Anda lakukan adalah merestart ponsel Anda terlebih dahulu.

2. Adanya pemicu dari barang-barang disekitar Anda

  • Barang barang disekitar Anda dapat menyebabkan layar android menjadi kurang sensitif dan tidak merespon seperti :
  • Adanya Magnet mempengaruhi ponsel Anda menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jauhkan ponsel Anda dari medan magnet.
  • Listrik statis, keringat, dan minyak di tangan Anda dapat mengakibatkan layar ponsel tidak merespons sentuhan Anda. Pastikan tangan Anda bersih dan kering serta bebas dari statis sebelum menyentuh layar lagi.
  • Ini dipengaruhi oleh arus listrik. Cabut ponsel Android Anda dari sumber listrik untuk menghentikan pengisian baterai, maka ponsel akan menyingkirkan situasi layar sentuh yang mati.
  • Smartphone pada suhu yang sangat tinggi atau rendah mudah sekali menyebabkan tidak responsif. Jadi jangan gunakan ponsel Anda dalam situasi tersebut.
  • Lepas pelindung layar, karena ada beberapa pelindung layar yang bisa memicu terjadinya masalah ini.

3. Lakukan Flash Ulang pada Android Anda

Layar yang tidak merespon juga sangat umum disebabkan oleh firmware OS yang corrupt atau rusak. Solusinya adalah melakukan flash ulang pada Ponsel Android Anda, apalagi Anda menggunakan OS yang dalam kondisi root, ini rentan menyebabkan masalah ini.

4. Jika Ponsel Anda pernah jatuh, cobalah untuk membawanya ke service center.

Jika sebelumnya ponsel Android Anda ini mengalami insiden seperti jatuh atau semcamnya tapi layar tidak retak/pecah, ada kemungkinan chip di komponen dalam ponsel Anda lepas. Jadi saran saya bawalah ke service center resmi.

Jika semua cara diatas belum berhasil , baca artikel dibawah ini untuk perbaikan lebih lanjut :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here