Pernahkah Anda mengalami setelah memutar musik dengan earphone, headset maupun headphone,di ponsel Xiaomi setelahearphone dilepas, namun logo earphone masih ada atau bahasa umumnya Ikon headphone masih ditampilkan di layar notifikasi ? Apa yang salah? Ini bukan masalah serius dan cukup mudah untuk memperbaikinya. Dan alangkah baiknya mencari tahu penyebab masalah, kenapa masalah ini terjadi. Masalah ini sering terjadi pada sebagian besar perangkat Xiaomi. Tim kami telah mempelajari masalah ini dan siap untuk memberikan beberapa cara mudah dan praktis untuk menghilangkan masalah tersebut.

Penyebabnya adalah debu dan puing-puing kecil

Setengah kasus penyebab masalah ini adalah debu di lubang earphone . Sekalipun penutup telepon Anda bagus, namun Anda tidak bisa menghindarkan yang namanya Debu. Biasanya ada banyak debu dan puing-puing kecil di saku kita atau ditempat lainnya.

Solusi pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ini adalah :

Membersihkan port headset pada ponsel

Ambil saja cattonbud  atau tusuk gigi yang sudah dilapis dengan tisu dan bersihkan lubang earphone dengan lembut. Jangan gunakan benda logam seperti jarum atau kawat. Masukkan tongkat ke dalam lubang dan putar dengan hati-hati. Jangan menekan! Karena Anda dapat merusak komponen yang ada didalamnya .Jika sudah  pasang kembali jack earphone Anda di port dan kemudian lepaskan. Ulangi beberapa kali. Sampai icon headset hilang pada layar notifikasi.

Tips Tambahan :

Anda juga bisa membersihkan port earphone dengan cara meniup secara perlahan pada port earphone.

Jika tidak bisa ikuti langkah dibawah ini :  
Jika dengan cara diatas belum berhasil lakukan restart ulang ponsel Anda. Jika tidak berhasil, hidupkan aplikasi “Radio” dan pasang jack earphone Anda di port. Kemudian :

  • Anda akan melihat tiga titik di sudut kanan atas, ketuk ;
  • Pilih “Aktifkan speaker”;
  • Matikan speaker dan pilih “Nyalakan headphone”;
  • Tutup aplikasi “Radio”
  • Buka “Pengaturan” dan pergi ke “Aplikasi”;
  • Temukan “Radio”
  • Pilih “Hapus semua” dan matikan earphone Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here