Cara Memperbaiki Scroll Mouse Yang Error

0

Fungsi mouse pada PC/ Laptop sangat begitu penting , salah satu fitu yang ada pada mouse adalah Scroll , dan jika fungsi scroll pada mouse ini error atau tidak bekerja tentunya akan menghambat pekerjaan Anda . Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai cara untuk memperbaiki masalah scroll mouse yang umum terjadi.

Mulai dari langkah-langkah sederhana seperti pembersihan dan pemeriksaan koneksi fisik hingga solusi yang lebih teknis seperti pembaruan driver dan pengecekan aplikasi tertentu yang mungkin memengaruhi kinerja mouse. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan pembaca dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah scroll mouse dengan cepat. Mari kita mulai dengan merinci langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi scroll mouse error.

Solusi Pertama : Bersihkan debu dan kotoran pada scroll mouse

Sebagian besar masalah error pada scroll mouse disebabkan oleh debu. Karena fungsi scroll cukup sering digunakan, tentu saja cepat atau lambat akan membuat kotoran dan debu menumpul pada celah scroll mouse, terlebih lagi jika Anda sering menggunakan mouse sambil makan atau merokok. Debu itu berkumpul di area sekitar roda gulir, mengganggu sensor dan mencegah scrool bekerja secara akurat.

Sebu tersebut bisa dikeluarkan, cukup angkat mouse dan coba tiup scroll mouse, atau jika memungkinkan sedot debu dengan vakum cleaner. Dalam sebagian besar kasus, hal ini cukup untuk memaksa debu keluar, sehingga membuat mouse Anda bekerja kembali.

Catatan :

Jika dengan meniup dan vakum mouse masih error, coba buka mouse dan bersihkan scroll dengan hati-hati.

Solusi Kedua : Ubah Pengaturan Scroll

Mouse Anda memiliki pengaturan khusus untuk di setting, dan tentu saja ada pada pengaturan kecepatan scroll, Anda dapat melakukan pengaturan sendiri dengan cara :

  • ‚ÄčTekan tombol Windows + S kemudian ketikkan kata kunci Mouse
  • Kemudian klik Mouse Settings
  • Kemudian pada Scrolling atau tingkat kecepatan dan sensitive scroll sesuai keinginan Anda.

Solusi Ketiga : Tukar Baterai Mouse Anda

Apakah mouse Anda mouse wireless ? jika ia, coba cek baterai mouse Anda. Untuk memastikan coba gunakan baterai yang baru. Terlebih lagi Anda sudah lama tidak mengganti mouse.

Mouse wireless yang kehabisan baterai akan menyebabkan fungsi scroll tidak berfungsi.

Solusi Keempat : Tes Mouse Anda di Komputer Lain

Jika mungkin, coba mouse tersebut di komputer lain. Jika masalah tetap ada, kemungkinan besar masalah ada pada mouse. Jika tidak, masalahnya mungkin ada pada komputer Anda.

Solusi Kelima : Cek Koneksi Fisik

  • Pastikan kabel mouse terhubung dengan baik ke port yang sesuai pada komputer.
  • Jika menggunakan mouse nirkabel, pastikan doungle sudah terpasang di Port PC Anda
  • Restart PC/Laptop Anda
  • Update Driver Mouse
  • Coba gunakan port USB mouse lain

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini