Cara Memperbaiki Taskbar Windows 10 Error / Tidak Berfungsi

0

Apakah saat ini Anda mengalami taskbar Windows 10 Anda error , tidak berfungsi atau berhenti berfungsi? Jika ia, kami juga pernah mengalami hal ini. Taskbar Windows 10 tidak berfungsi adalah salah satu masalah umum yang dapat Anda temui saat menggunakan komputer Windows Anda. Ketika itu terjadi, kita tidak dapat mengklik apapun yang ada disana termasuk mematikan komputer.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode ini memperbaiki elemen yang ada di taskbar. Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Taskbar Windows 10 Error / Tidak Berfungsi.

1. Restart Windows Explorer

  • Untuk membuka Taskmanager Anda bisa menekan tombol Ctrl + Shift + Esc
  • Kemudian pada tab services cari dan klik kanan pada Windows Explorer
  • Kemudian Klik End task
  • Sistem Windows akan melakukan restart pada windows explorer dengan ditandai hilangnya menu taskbar untuk beberapa saat. Tunggu proses tersebut beberapa saat, jika sudah selesai coba lakukan pengetesan pada taskbar.

Catatan :

Anda juga dapat melakukan restart Windows explorer dengan menggunakan Command Prompt (CMD) .

2. Lakukan Perbaikan Dengan PowerShell

Jika cara pertama diatas belum berhasil Anda dapat melakukan perbaikan dengan menggunakan PowerShell, cara ini adalah mendaftarkan ulang taskbar Anda ke sistem registray. Untuk caranya ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah PowerShell kemudian tekan Enter
  • Kemudian ketikkan perintah dibawah ini :
Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)AppXManifest.xml”}
  • Tutup PowerShell, selanjutnya buka file explorer dan arahkan pada direktori

C:\Users\<usernamepc>\AppData\Local\

  • Cari dan hapus folder TileDataLayer

3. Update Windows Anda

Jika Anda sudah lama tidak melakukan update pada windows 10 Anda, kemungkinan besar inilah penyebabnya. Windows yang sudah lama tidak diupdate dapat menimpulkan terjadinya bug, dan salah satunya bug ini. Untuk memperbaikinya cobalah untuk melakukan update pada windows 10 Anda.

4. Reset Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Jika semua cara diatas belum berhasil, saya menyarankan untuk melakukan reset pada windows 10 Anda, cara yang kami jelaskan dibawah ini adalah cara bagaimana mereset windows 10 tanpa harus kehilangan data. Semuanya sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here