Tombol Fn (Function) digunakan untuk tindakan tertentu di komputer Windows 10. Tombol ini biasanya digunakan sebagai pintasan untuk banyak fitur perangkat keras seperti menambah atau mengurangi kecerahan menggunakan tombol kecerahan, memutar atau menghentikan video atau audio, menaikkan atau merendahkan volume suara, atau untuk mengaktifkan mode standby di laptop/komputer. Agak sulit untuk membayangkan apa yang mungkin dihadapi saat tombol Fn ini tidak berfungsi.

Jika terjadi masalah pada tombol Fn yang tidak berfungsi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada banyak solusi yang tersedia untuk menyelesaikan masalah ini. Metode yang tercantum di bawah ini dapat digunakan untuk memperbaiki tombol fungsi yang tidak berfungsi.

1. Periksa Apakah Tombol Fn Terkunci

Salah satu alasan paling mendasar mengapa tombol Fn tidak berfungsi di Windows 10 adalah karena Anda mungkin secara tidak sengaja menekan tombol kunci Fn. Ini juga cenderung mengunci banyak tombol lainnya seperti Num Lock, tombol Shift, dan Caps Lock. Cari tombol pintasan Fn Lock atau tombol pintas Mode F di keyboard Anda. Tombol kunci Fn biasanya muncul sebagai fungsi sekunder pada tombol Esc; Anda harus menekan tombol Fn dan Esc bersamaan untuk mengunci dan membuka kunci.

Jika dengan menekan tombol Fn + ESC tidak berhasil. Cobalah untuk menekan  tombol F11 dan F12 .

2. Disable Filter Keys

Tombol filter digunakan untuk memblokir penekanan tombol yang berulang. Tombol-tombol ini jarang diketahui mempengaruhi beberapa tombol. Namun, jika itu terjadi, inilah yang dapat Anda lakukan. Untuk memulai,

  • buka Ease of Access Center di Control Panel kemudian pilih Make the keyboard easier to use
  •  Cari Filter Keys dan hilangkan centang pada the Turn on Filter Keys box.

Klik tombol Apply dan OK

3. Uninstall Hotkey Drivers

Driver Hotkey memungkinkan tombol  Fn tidak berfungsi dengan benar. Dalam kasus seperti itu, Anda mungkin perlu menghapus lalu menginstalnya kembali.

Pergi ke Device Manager > Klik kanan Pada HID-Compliant Keyboard dan HID-Compliant Mouse kemudian pilih Unistall.

Restart Komputer Anda, Maka secara otomatis windows akan melakukan install ulang.

4. Reset Windows 10 Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here