Belakangan ini banyak user dari situs bacolah.com menanyakan masalah tentang Touchscreen di ponsel Android yang error . Sebelumnya saya sudah pernah membagikan tips tentang “ Cara Mengatasi Masalah Touchscreen Tidak Respond atau Kurang Responsif ”. Jika Ponsel Android Anda hanya mengalami kerusakan touchscreen yang kurang responsif, bisa baca terlebih dahulu tulisan saya diatas. Namun jika Touchscreen Anda Error bahkan tidak merespon sama sekali saat disentuh, bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini :

Cara Pertama.

Mengkalibrasi Ulang Layar Touchscreen

Pada kebanyakan kasus, touchscreen yang error ini bisa disebabkan oleh kalibrasi pada layar touchscreen yang tidak berjalan dengan semestinya. Ini biasanya dapat diidentifikasi saat Anda menerima koordinat yang salah. Sederhananya, jika Anda menekan sudut kiri atas pada layar touchscreen Anda, ponsel Anda merespon pada bagian tengah layar touchscreen.

Cara Mengkalibrasi Layar Touchscreen pada Ponsel Android.

Untuk mengkalibrasi layar sentuh ponsel Android, cukup install sebuah aplikasi bernama Touchscreen Calibrate yang bisa Anda download pada link dibawah ini :

Cara kerja Aplikasi Touchscreen  ini akan mengambil empat  kategori data yang akan dinilai waktu respon terhadap layar touchscreen Anda . Empat contoh yang sudah diambil akan meningkatkan akurasi pada layar touchscreen Anda. Pada Akhirnya  aplikasi akan menghitung waktu respon dan informasi masalah yang terjadi pada layar touchscreen ponsel Android Anda. Jika dengan cara ini tidak mengatasi masalah Anda, cobalah cara kedua dibawah ini :

Cara Kedua.

Masuk ke dalam Safe Mode di Ponsel Android Anda.

Coba masuk kedalam  “Safe Mode” dan cobalah apakah touchscreen Anda  berfungsi secara normal. Jika iya, maka bisa dipastikan ada software maupun Sistem Operasi Android pada ponsel Anda yang sedang bermasalah. Untuk memperbaikinya cobalah reset ulang Android Anda ke settingan pabrik.

Untuk masuk ke “Safe Mode” silahkan lakukan hal berikut.
1. Matikan Ponsel Android Anda.
2. Selanjutnya tekan dan tahan “Power” sampai Anda melihat logo produsen di layar, lalu lepaskan tombol daya.
3. “Cepat” tekan “Volume Turun” dan tahan selama beberapa detik sampai Anda melihat pesan “Safe mode: ON” atau yang serupa.
4. Jika Anda ingin menonaktifkannya, cukup ulangi langkah-langkah di atas, dan Anda harus melihat “Safe Mode: OFF” .

Jika dengan kedua cara tersebut tidak mengatasi touchscreen Anda yang error maka hampir dapat dipastikan ponsel Android Anda mengalami kerusakan hardware, saran saya cobalah untuk membawa ke service center sesuai dengan produk ponsel Android yang Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here