Cara Mempercepat Koneksi Saat Menonton Video Streaming

0

Saat ini kita semua sudah melihat begitu banyak aplikasi dan penyedia layanan video streaming. Sebut saja seperti Netflix, Disney + , Youtube dan masih banyak lainnya. Salah satu efek yang kurang baik pada layanan streaming musik atau video adalah masalah kecepatan dan boros kouta. Dan apabila jaringan internet Anda lambat , sudah pasti Anda akan sering melihat buffering saat menonton streaming.

Untuk membantu Anda , kami akan memberikan beberapa tips agar koneksi Anda stabil dan lancar saat menonton video secara streaming. Berikut adalah beberapa solusinya :

1. Matikan Koneksi Pada Perangkat yang Tidak Digunakan

Apabila dirumah Anda menggunakan koneksi WIFI, biasanya ada beberapa perangkat yang terhubung ke WIFI Anda. Agar koneksi WIFI Anda berjalan lancar dan koneksi saat menonton streaming juga stabil. Matikan perangkat yang terhubung ke WIFI. ini akan membuat Anda mendapatkan kecepatan yang maksimal.

Walaupun perangkat yang terhubung ke WIFI tidak digunakan, adakalanya beberapa sistem atau aplikasi melakukan update secara otomatis latar belakang. Jadi mematikan perangkat yang tidak digunakan adalah solusi yang terbaik.

2. Periksa Apakah ada Penyusup Yang Menggunakan WIFI Anda

Jika Anda tinggal di tempat yang ramai penduduk,  cobalah untuk memeriksa penyusup atau perangkat yang tidak dikenal menggunakan WIFI Anda, seseorang dapat saja membonceng bandwidth Anda. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cara Mengganti Password WIFI Anda.

3. Gunakan Koneksi Menggunakan Kabel LAN di Banding WIFI

Jika memungkinkan gunakan koneksi kabel LAN, karena kabel LAN lebih cepat dan stabil.

4. Gunakan Resolusi Streaming yang Lebih Rendah

Beberapa cara termudah untuk meningkatkan kecepatan streaming adalah dengan mengubah pengaturan resolusi streaming Anda ke kualitas yang lebih rendah. Semakin tinggi resolusi yang Anda gunakan, semakin banyak data yang dibutuhkan dan tentu saja ini sangat mempengaruhi pada kecepatan buffer streaming. Tidak hanya itu, merubah pengaturan resolusi juga dapat menjaga aliran data yang konsisten untuk mengatasi resolusi tinggi. Contoh utama adalah perbedaan antara streaming Netflix dalam HD dan 4K. Anda dapat melakukan streaming Netflix dalam HD dengan koneksi 5Mbps, sedangkan streaming 4K membutuhkan koneksi 25Mbps yang konsisten.

5. Tutup Aplikasi Lain

Jika Anda suka menonton video streaming di ponsel atau di komputer/laptop. Tutuplah aplikasi lain. Misalkan Anda akan menonton youtube, tutup aplikasi lainnya selain youtube.

6. Matikan Update

Jangan melakukan update saat menonton streaming, proses update ini sendiri dapat berjalan otomatis. Jadi, cobalah untuk memeriksa apakah ada layanan update yang berjalan, jika ada nonaktifkan update selama Anda menonton.

7. Gunakan Aplikasi VPN

Anda juga boleh mencoba menggunakan aplikasi VPN, jika Anda merasa menggunakan VPN ternyata lebih lambat, sebaiknya Anda kembali menggunakan koneksi standar tanpa bantuan VPN ataupun proxy.

8. Bersihkan History Browser, cache Aplikasi Streaming

Jika Anda menggunakan browser untuk menonton streaming cobalah untuk menghapus historynya. Jika menggunakan aplikasi anda juga dapat menghapus cache dan Cookie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here