Cara Menambah Kualitas dan Suara Speaker Bluetooth

0

Speaker Bluetooth adalah suatu perangkat portabel yang mudah dibawa kemana-mana. Ukuran kecil itu memberi mereka kekuatan amplifikasi yang lebih rendah daripada speaker yang berukuran lebih besar. Suara adalah suatu bentuk energi, dan mengikuti hukum kuadrat terbalik, yang menyatakan intensitas suara berkurang sekitar enam desibel untuk setiap penggandaan jarak dari sumber suara. Efeknya berlawanan jika Anda mendekatkan sumber suara.

Speaker Bluetooth di ruangan yang lebih besar atau ruang terbuka akan terdengar berbeda dari speaker di ruangan kecil. Suara menghilang dengan jarak, sehingga kualitas suara akan tergantung pada ukuran ruangan dan variabel lain seperti bahan dinding dan lantai. Oleh Sebab itu hindari menggunakan speaker Bluetooth berdaya rendah di ruangan besar atau ruang terbuka.

Berikut adalah Cara Menambah Kualitas dan Suara Speaker Bluetooth

1. Tempatkan Speaker Bluetooth di Tempat Yang Tepat

Ukuran ruangan juga menentukan kualitas dan suara pada speaker Bluetooth. Periksa penghalang seperti kursi atau vas antara pembicara dan pendengar. Speaker memiliki tiga driver suara dasar: tweeter, driver midrange, dan woofer.

Penghalang tidak memengaruhi woofer dan subwoofer karena frekuensi yang lebih rendah bersifat omnidirectional dan dapat membelokkan objek di dalam ruangan. Suara frekuensi tinggi dari tweeter bersifat terarah dan bekerja paling baik saat diarahkan ke telinga Anda. Hambatan apa pun akan menghambat rangkaian lengkap suara dan pengalaman akustik Anda.

Oleh sebab itu Jangan letakkan speaker langsung di lantai karena permukaannya dapat melemahkan sinyal. Misalnya, lantai berkarpet dapat menyerap suara. Speaker bersuara paling baik di semua rentang frekuensi saat dekat dengan telinga. Jangan letakkan terlalu dekat dengan dinding. Suara frekuensi rendah (bass) dari woofer memantul dari dinding dan mengganggu suara langsung pembicara. Anda dapat mengurangi gangguan akustik ini dengan menjauhkannya dari dinding. Bereksperimenlah dengan lokasi berbeda dengan menggerakkan speaker sedikit demi sedikit sambil mendengarkan lagu yang sama. Mainkan dengan telinga untuk mendapatkan tempat yang sempurna di mana speaker Bluetooth Anda bersuara paling keras.

2. Periksa Ulang Semua Pengaturan Audio

Atur speaker Bluetooth dengan volume optimal yang tidak menyebabkan distorsi. Jika ponsel Anda adalah sumber audio, periksa juga pengaturan volumenya. Aplikasi seperti VLC Player dan iTunes hadir dengan pengaturan equalizer. Pilih preset ekualiser yang sesuai dan lihat apakah preset tersebut membantu meningkatkan kualitas suara secara keseluruhan. Penurunan sinyal adalah masalah umum di speaker Bluetooth. Tempatkan ponsel atau komputer Anda dekat dengan speaker Bluetooth untuk mencegah sinyal yang buruk.

3. Hubungkan ke Beberapa Speaker Bluetooth

Banyak speaker Bluetooth saat ini dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi. Anda dapat memasangkan speaker Bluetooth untuk suara yang lebih keras. Misalnya, dua Apple HomePods dapat diatur bersama di ruangan yang sama. Fitur PartyBoost di beberapa speaker JBL memungkinkan Anda menyambungkan beberapa speaker yang kompatibel dengan PartyBoost melalui Bluetooth, bukan Wi-Fi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini