Cara Mengatasi a disk read error occurred di Windows 11 dan Windows 10

0

Masalah a disk read error occurred adalah masalah error yang dapat muncul pada sistem operasi windows apapun baik itu windows 11 maupun windows 10. Untuk penyebab masalah, ada beberapa yang dapat memicu terjadinya masalah ini diantaranya adalah masalah konfigurasi MBR, bad sector hardisk / SSD, Masalah memori RAM, dan penyebab lainnya.

Untuk Membantu Anda mengatsi masalah a disk read error occurred di Windows, berikut adalah solusi perbaikan yang bisa Anda Lakukan :

1. Lepas Semua Media Penyimpanan Yang Terhubung pada Port USB

Ini adalah masalah yang sederhana dan bisa di bilang cukup sepele. Apabila Anda menghidupkan PC/Laptop dalam keadaan media penyimpanan eksternal seperti Flashdisk, hardisk ekternal yang masih terhubung di USB. Maka ini bisa jadi penyebab masalah munculnya a disk read error occurred di Windows .

Karena system boot akan membaca media penyimpanan ekternal USB yang terhubung, oleh sebab itu. Solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan  melepas semua koneksi media penyimpanan seperti USB flashdisk dan hardisk ekternal yang terhubung di PC/ Laptop Anda. Selanjutnya matikan dan hidupkan kembali PC/Laptop Anda.

2. Setting Pengaturan BIOS ke Default

Untuk solusi kedua, Anda bisa melakukan reset konfigurasi BIOS ke settingan default. Untuk caranya Anda bisa masuk ke BIOS PC/ Laptop Anda dengan menekan tombol Delete/ESC/F2 ( cara masuk BIOS berbeda-beda, tergantung merk pc/laptop Anda)

Untuk contoh :

Kami masuk ke BIOS dengan menekan tombol ESC kemudian tab Exit > Load Setup Default. Klik OK.

3. Lepas Memori RAM dan Pasang Kembali

Hal seperti ini biasanya terjadi bagi Anda yang menggunakan Memori RAM lebih dari satu. Oleh sebab itu coba lepas kedua memori RAM dari PC/ Laptop Anda. Kemudian pasang kembali dengan hanya 1 Memori saja, dan hidupkan PC/Laptop Anda menggunakan 1 memori RAM saja, jika a disk read error occurred tidak ada muncul atau sudah hilang, matikan kembali PC Anda dan pasang kembali memori Ram seperti biasa.

4. Perbaiki System MBR dan System Boot

Untuk cara ini, Anda harus menyiapkan installer menggunakan installer windows yang sesuai, jika error ini terjadi pada windows 10 pro, maka Anda juga harus menyipkan installer windows 10 pro, baik itu dari DVD ataupun USB.

Jika sudah, ikuti langkah langkah perbaikannya pada artikel dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here