Cara Mengatasi Error 0x8007007f di Windows 11

0

Error 0x8007007f muncul ketika kita akan melakukan upgrade ke Windows 11 melalui program utilitas Installation Assistant utility Windows 11. Sebelum kita membahas bagaimana cara melakukan perbaikan untuk mengatasi kesalahan ini, mari kita coba memahami penyebab yang dapat memicu error ini muncul. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab Error 0x8007007f :

  • Masalah Izin administrator
  • Antivirus pihak ketiga
  • Masalah Driver GPU
  • Masalah hardisk atau SSD yang hampir penuh
  • Dan penyebab masalah lainya

Berikut adalah cara Mengatasi Error 0x8007007f di Windows 11 :

1. Nonaktifkan Antivirus Pihak Ketiga

Pada kebanyakan kasus antivirus pihak ketiga dapat memicu terjadinya masalah ini , karena sistem antivirus memblokir beberapa file sistem upgrade windows 11 untuk melakukan upgrade.

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga yang terinstal di Windows Anda secara permanen.

2. Jalankan Installation Assistant utility Menggunakan Administrator

Masalah izin akses administrator juga dapat menyebabkan terjadinya  masalah pada Installation Assistant utility Windows 11. Oleh sebab itu, solusi terbaik adalah dengan menjalankan aplikasi Installation Assistant utility sebagai administrator. Caranya, ikuti langkah langkah dibawah ini :

Temukan file Installation Assistant utility , jika baru saja Anda mendownloadnya biasanya file tersebut ada pada folder Download. Jika sudah ditemukan Klik kanan pada Installation Assistant utility > kemudian pilih Run as Administrator.

3. Update Drive VGA (Grafis) Anda

Seringkali error seperti ini disebabkan oleh karena driver VGA yang sudah kadarluarsa dan sudah lama tidak di update. Kita semua mungkin sudah menyadari kalau windows 11 memiliki persyaratan spesifikasi yang cukup tinggi.

Jadi apabila spesifikasi perangkat Anda sudah cukup untuk di install windows 11, dan error tetap muncul. Maka ini bisa disebabkan oleh driver VGA.

Segera lakukan update pada driver VGA Anda. Jika memungkinkan lakukan download dan install ulang ke driver versi terbaru.

4. Periksa SSD atau Hardisk pada Partisi C

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan pada kapasitas yang tersisa pada drive C hardisk/ SSD perangkat Anda. Pastikan ruang disk yang tersisa lebih dari 100 GB.

Jika kurang dari 100 GB, sebaiknya pindahkan file yang ada di C ke direktori lain atau ke hardisk ekternal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini