Error “cannot execute binary file: Exec format error” Biasanya terjadi jika Anda mengunduh suatu aplikasi/perangkat lunak dari Internet dan menjalankannya di ubuntu. Kesalahan ini, yang biasanya diikuti oleh bash: ./namaprogram.sh: Izin ditolak atau semacamnya, menunjukkan bahwa Ubuntu tidak dapat berinteraksi dengan benar dengan biner yang Anda unduh. Ini karena ia dirancang untuk chipset yang berbeda dari yang saat ini didukung oleh kernel Anda.

Kebanyakan orang yang menggunakan Ubuntu menggunakan prosesor 32-bit atau 64-bit berbasis arsitektur standar yang dirilis Intel, terlepas dari siapa yang benar-benar membuat microchip. Penting untuk diingat bahwa prosesor 64-bit dapat berjalan dalam mode 32-bit, jadi jika Anda mendapatkan error  ini meskipun Anda memiliki prosesor 64-bit.

Berikut adalah cara mengetasi error  “cannot execute binary file: Exec format error” di ubuntu :

  • Buka terminal dan ketik perintah :
uname–a
  • Jika Muncul I686 adalah versi 32-bit Ubuntu, Jika x86_64 adalah  64-bit.
  • Artinya OS 32-Bit tidak dapat langsung menjalankan aplikasi 64-bit. Jika Anda perlu membuat dan menjalankan kode 64-bit, Anda harus menginstal OS Ubuntu 64-bit.

Sistem Ubuntu 64-bit dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan pengembangan kode 32 bit dan 64-bit dengan menggunakan dukungan multilib.

  • Cara Menginstall Multilib :
sudo apt-get install gcc-multilib g++-multilib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here