Cara Mengatasi failed to start the video camera zoom

0

Masalah error failed to start the video camera zoom biasanya terjadi ketika kita melakukan meeting video pada aplikasi Zoom, error ini akan menyebabkan kamera tidak berfungsi . Namun, ini bukanlah masalah serius.  Karena masalah ini disebabkan karena aplikasi Zoom tidak dapat mendeteksi kamera di perangkat Anda. Masalah failed to start the video camera zoom ini bisa terjadi di semua perangkat baik itu di PC/ Laptop/ Ponsel Android/ iOS dan perangkat lainnya.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi failed to start the video camera zoom Pada Ponsel Android dan PC/Laptop Windows :

Cara Mengatasi failed to start the video camera zoom di PC/Laptop Windows

Jika error ini terjadi di perangkat PC/ Laptop Windows Anda, berikut adalah langkah langkah perbaikannya.

1. Restart PC/Laptop Windows Anda

Solusi sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restart pada PC/Laptop Anda. Karena dengan melakukan restart, dapat memperbaiki bug sistem OS maupun sistem aplikasi zoom dapat diperbaiki secara otomatis.

2. Pastikan Anda tidak menggunakan Kamera di Aplikasi Lain

Pastikan Anda tidak menggunakan kamera di aplikasi lain , jadi pastikan Anda tidak menggunakan aplikasi kamera lainnya, saat Anda melakukan panggilan video di aplikasi zoom. Dan pastikan juga Anda tidak menggunakan kamera/webcam Anda di browser.

3. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Zoom

Error failed to start the video camera zoom bisa terjadi karena ada masalah konflik pada system aplikasi, untuk mengatasinya Anda dapat melakukan installasi ulang pada aplikasi zoom.

4. Lakukan Perbaikan pada Kamera Anda

Jika semua cara diatas belum berhasil, Anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Cara Memperbaiki Kamera di Windows.

Cara Mengatasi failed to start the video camera zoom di Ponsel Android / iOS

Apabila masalah failed to start the video camera zoom terjadi pada ponsel Anda, cara perbaikannya mungkin lebih sederhana disbanding perbaikan di PC/Laptop.

1. Restart Ponsel Anda

Solusi perbaikan pertama adalah dengan melakukan restart pada ponsel Anda

2. Coba Lakukan Switch Kamera Depan dan Kamera Belakang

Untuk melakukan switch kamera di ponsel Anda bisa pergi ke menu Video > Kemudian pilih icon Switch Camera di aplikasi zoom

3. Tutup Semua Aplikasi Kamera

Jangan lupa untuk menutup aplikasi kamera lainnya saat Anda melakukan panggilan video di aplikasi zoom.

4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Zoom

Jika semua cara diatas belum berhasil, sebaiknya Anda melakukan installasi ulang pada aplikasi zoom Anda. Cukup hapus aplikasi zoom yang lama dan kemudian lakukan install ulang kembali aplikasi zoom melalui google play store .

Tinggalkan komentar dibawah ini, jika cara diatas belum berhasil mengatasi masalah yang sedang terjadi. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here