Cara Mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI Tidak Valid

0

Kode MMI adalah sebuah karakter yang digunakan untuk perintah khusus pada jaringan telepon seluler baik itu android maupun ios. Untuk penyebab masalah munculnya error MMI ini, ada beberapa alasan mengapa pesan error “Connection problem or invalid MMI code”  ini muncul di ponsel Android Anda. Masalah umumnya adalah adanya masalah yang terjadi pada provider (operator) , masalah otentikasi SIM Card dan penyebab lainnya. Dan perlu Anda ketahui, masalah kode MMI ini paling sering terjadi pada ponsel yang memiliki fitur dual-SIM. Akan tetapi, pada kasus yang jarang terjadi juga dapat terjadi pada ponsel dengan Single SIM.

Ada beberapa solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan jika saat ini Anda mengalami masalah kode MMI ini, dan cara dibawah ini, bisa Anda terapkan pada semua merek dan jenis ponsel Android.

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid :

Sebelum memulai perbaikan, sebaiknya Anda merestart ponsel android Anda terlebih dahulu, hal ini memastikan masalah kode MMI ini tidak terjadi karena masalah bug di sistem Android Anda, dan dengan merestart ponsel android, dapat memperbaiki masalah pada sistem secara otomatis.

1. Merubah Kode MMI

Jika setelah merestart ponsel masalah tetap muncul, ikuti solusi berikut ini :

Cara ini kita akan menambahkan karakter tambah(+) di awal kode MMI, ketika koma ditambahkan, itu memaksa operasi untuk mengeksekusi dan mengabaikan kesalahan apa pun. Di bawah ini adalah cara untuk mengubah kode awalan. Jadi, buka tombol dialpad ponsel Anda dan coba ketikkan kode berikut :

*+2904*7#

Catatan : untuk menambahkan tanda +, tahan lama angka 0

2. Aktifkan IMS

  • Pada dialpad ponsel android Anda,  ketikkan kode *#*#4636#*#*
  • Kode ini secara otomatis akan menampilkan mode Service.
  • Selanjutnya pilih Device information atau Phone information > Run Ping test > matikan dengan menakan tombol Turn off Radio
  • Setelah ituaktifkan SMS over IMS
  • Dan restart setelah itu restart ponsel Anda

3. Ubaha Tipe Jaringan Anda

Cobalah untuk mengibah jenis jaringan Anda saat ini, Misalkan saat ini Anda menggunakan jaringan 4G, cobalah untuk mengubahnya ke jaringan 3G Only . dan beberapa saat setelah itu silahkan menguhnya kembali ke jaringan 4G.

4. Lepas dan Pasang Kembali SIM Card Anda

Cobalah untuk melepaskan SIM card Anda, jika ada kotoran yang menempel pada bagian kuningan kartu SIM, cobalah untuk membersihkanya terlebih dahulu menggunakan bahan yang lembut. Setelah itu pada kembali dengan menggunakan 1 SIM Card saja, jika error sudah tidak terlihat lagi. Barulah setelah itu pasang kembali SIM Card Kedua Anda.

5. Reset Pengaturan Jaringan Anda

Untuk cara reset jaringan, sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here