Error Data source reference is not valid pada Microsoft excel adalah salah satu masalah yang mungkin cukup sulit untuk diatasi. Pada artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan mudah. Jadi, seperti namanya, kesalahan terjadi saat Excel mencoba merujuk ke lokasi yang tidak lagi tersedia, tidak valid, atau tidak ada.

Berikut ini adalah cara mengatasi microsoft excel error reference is not valid :

1. Memperbaiki Sumber Data Tabel Pivot yang Tidak Valid

Misalnya, di sini saya memiliki tabel data, awalnya bernama “Tabel1” tetapi saya mengubahnya menjadi “data” nanti. Nanti saya ingin membuat tabel pivot di atas tabel ini. Jadi saya pergi untuk menyisipkan -> tabel Pivot. Ketika ditanya tentang sumber data, saya menyebutkan “Tabel1”. Ini mengembalikan kesalahan error reference is not valid. Karena saya tidak memiliki range yang disebut “Table1” (hal tersebut disebabkan karena, saya telah mengubahnya menjadi “Data”).

Bagaimana mengatasi Kesalahan Referensi Tabel Pivot? Berikut adalah caranya :

Jika Anda memiliki beberapa tabel pivot dalam buku kerja yang merujuk ke beberapa range, range bernama atau tabel data, pastikan tabel tersebut merujuk ke range yang valid. Saat Anda menyegarkan tabel pivot dan kesalahan ini terjadi, mungkin Anda telah mengubah beberapa range atau nama dalam mode data. Periksa satu per satu masing-masing dan simpan file excel Anda. Ini akan menyelesaikan masalah error reference is not valid.

2. Periksa Named Ranges dengan #REF

Ranges adalah tools yang berfungsi dalam hal mengelola data terstruktur. Tapi Anda harus berhati-hati dengan named ranges . Saat Anda memberi nama rentang tertentu, excel tag nama spesifik itu ke rentang tertentu. Secara default, excel menyesuaikan named ranges saat Anda menghapus atau menambahkan baris ke named ranges. Tetapi jika Anda menghapus seluruh ranges, maka named ranges kehilangan referensinya. Semua rumus, validasi, dan pemformatan bersyarat bergantung pada kisaran itu tidak akan berfungsi. Dan jika Anda mencoba menyalin lembar atau file itu, Anda mungkin mendapatkan kesalahan reference is not valid.

Untuk mengatasi named range yang menimbulkan pesan Reference invalid error, Anda dapat menggunakan pintasan CTRL + F3. Ini akan membuka palungan nama. Periksa nama dan ranges di sana. Hapus atau perbaiki semua Named Ranges yang merujuk dan yang berisi #REF !. Simpan file Anda. Ini akan memperbaiki error reference is not valid.

3. Perubahan Nama Tabel Karena Referensi Tidak Valid Error.

Tabel di Excel memiliki fungsionalitas yang hebat. Mereka banyak membantu manajemen data. Tetapi mereka dapat menyebabkan kesalahan Referensi. Saat Anda menggunakan nama tabel dalam rumus, validasi data, pemformatan bersyarat, saat Anda menghapus atau melakukan beberapa perubahan besar pada tabel, excel dapat melalui referensi bukan kesalahan valid. Ini mungkin tidak segera terjadi tetapi saat Anda menyalin rentang atau lembar ke buku kerja atau lokasi lain.

Bagaimana menghindari Kesalahan Referensi Tabel Disebabkan Untuk menghindari kesalahan seperti itu, Anda harus memeriksa semua rumus, validasi, pemformatan bersyarat yang merujuk ke tabel yang telah banyak berubah sebelumnya. Ubah atau hapus rumus tersebut. Ini akan menyelesaikan error reference is not valid.

4. Macro Menggunakan Undefined Reference (Referensi yang Tidak Ditentukan)

Jika error reference is not valid terjadi saat Anda menjalankan makro .  Alasan pertama bisa jadi karena referensi makro ke range yang tidak lagi ada di sistem. Ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengklik metode debug.

Alasan lainnya adalah koneksi database. Jika Anda mencoba mengakses database dari VBA dan mencoba menjalankan kueri dengan koneksi atau kueri yang tidak valid daripada Anda mungkin mendapatkan kesalahan ini. Jadi, Anda harus melakukan semua hal yang disebutkan di langkah sebelumnya. Alasan lain bisa jadi karena Anda menggunakan objek yang referensinya tidak ditambahkan. Seperti jika Anda ingin menggunakan objek data aktif, Anda perlu menambahkan referensi ke objek itu terlebih dahulu. Untuk menambahkan referensi ke suatu objek, buka VBE menggunakan tombol Alt + F11. Sekarang masuk ke alat di menu, klik Referensi. Ini akan membuka kotak dialog yang memiliki semua sumber daya yang tersedia. Cari objek yang Anda butuhkan. Periksa dan klik tombol OK. Ini akan menambahkan referensi ke objek itu.

Berita sebelumyaCara Mengatasi Error Access denied. Contact your administrator di Microsoft Word (Microsoft Office)
Berita berikutnyaCara Mengatasi Genshin error 9203

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here