Dengan Google Documents memungkinkan Anda untuk mengetik hanya dengan suara, lebih kurang Anda cukup membacakan apa yang ingin Anda ketikkan maka Google Documents akan mengetikkannya untuk Anda secara otomatis  . Syaratnya juga cukup mudah “Komputer Anda sudah tersedia mikrofon” untuk menggunakan fitur ini . Berikut ini adalah cara untuk menggunakan Pengetikan dengan Suara di Google Documents.

Catatan: Pengetikan Suara hanya tersedia untuk Google Documents yang dibuka pada Google Chrome dan sudah terkoneksi dengan Internet.

Cara Menggunakan Pengetikan Suara di Google Documents

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan mikrofon yang terpasang pada komputer Anda sudah berfungsi dengan baik.

Setelah mikrofon Anda siap, jalankan browser Chrome dan langsung menuju ke Google Documents . kemudian pilih docs.new untuk memulai dokumen baru secara instan.

Cara Mengaktifkan Pengetikan Suara pada Google Documents

Untuk mengaktifkan Pengetikan Suara pergi ke menu, Tools > Voice Typing (klik Alat> Pengetikan Suara ). Anda juga dapat menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + S di Windows atau Command + Shift + S di macOS.

Sebuah jendela dengan ikon mikrofon akan muncul; klik di atasnya ketika Anda siap untuk mendikte ketikkan.

Catatan: Jika Anda baru Pertama kali menggunakan Pengetikan Suara, Anda harus memberikan akses izin Chrome untuk menggunakan mikrofon Anda.

Jika Pengetikan Suara tidak secara otomatis memuat bahasa yang Anda ucapkan, klik pada menu options  Tanda tiga titik dan kemudian gunakan Bahasa yang sesuai.

Berbicaralah dengan jelas dalam volume normal dan dengan kecepatan berbicara yang agak pelan sehingga alat ini dapat memahami apa yang Anda katakan.

Cara Menambahkan Tanda Baca

Pengetikan suara otomatis ini bahkan mengerti ketika Anda ingin menambahkan tanda baca ke dokumen Anda jika Anda menggunakan frasa ini:

  • Spasi
  •  Koma
  • Tanda Seru
  • Tanda Tanya
  • Garis Baru
  • Paragraf Baru
  • Dan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here