YouTube baru saja menghadirkan fitur baru yang disebut ‘YouTube Clips’ . Bagi Anda yang terbiasa dengan platform streaming Twitch, Anda akan segera mengetahui bahwa fitur baru ini sangat mirip dengan yang ditawarkan Twitch. Dengan ‘Clips’, Anda dapat membuat klip pendek dari video youtube atau streaming langsung dan kemudian membagikannya di media sosial.

Dengan Klip YouTube, Anda dapat memilih kutipan dari video (dengan durasi antara lima detik dan satu menit), dan menambahkan judul ke dalamnya dan membagikannya dengan tautan yang dibuat khusus. Anda juga dapat menyematkannya di artikel. Saat ini, ini hanya berfungsi untuk pembuat konten tertentu di beberapa saluran.

Sejauh ini fitur hanya tersedia untuk youtube desktop (browser) dan aplikasi Android. Fitur tersebut belum tersedia di perangkat iOS. fitur YouTube Clips saat ini masih dalam tahap uji coba, Dan Anda sudah bisa mencobanya sekarang, hanya saja belum tersedia untuk semua video.

Berikut ini adalah Cara menggunakan fitur ‘YouTube Clips’ di YouTube

Pertama, Anda perlu mencari video yang cocok di YouTube dan memutarnya terlebih dahulu dan jangan lupa login terlebih dahulu kea kun gmail atau youtube Anda.

Cari ikon Clip di bawah video, di antara tombol Like

Jika Anda mengklik tombol Clip , maka sebuah kolom akan muncul.

Sekarang Anda dapat menggunakan penggeser untuk memilih Clip yang Anda inginkan. Panjangnya durasi minimal lima detik dan maksimal 60 detik. Atau, Anda dapat memasukkan waktu yang diinginkan di atas panel geser.

Selanjutnya, buat judul untuk klip tersebut, yang panjangnya bisa mencapai 140 karakter. Selanjutnya klik tombol bagikan Klip dan Anda akan diberikan berbagai opsi untuk membagikan klip melalui media sosial atau email, atau menyematkannya atau membagikan link.

Penonton juga dapat langsung menonton video lengkapnya melalui klip ini. Anda kemudian akan menemukan kategori “Klip” baru di menu YouTube, di mana Anda dapat memanggil klip yang dibuat kapan saja dan membagikannya lagi. Namun, jika video sumber dihapus, klipnya juga akan hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here