Secara umumpada layanan penyimpanan secara Cloud Anda akan mengakses file Anda secara online dan pada dasarnya itu sangat bagus, karena Anda dapat mengaksesnya dari banyak perangkat, tetapi itu juga berarti Anda tidak akan dapat melihat atau mengeditnya tanpa koneksi internet (Offline). Tapi, tidak demikian halnya dengan Google Drive. Layanan ini memiliki mode offline, yang memungkinkan Anda mengakses file saat Anda tidak tersambung ke internet.

Anda dimungkinkan untuk melihat dan mengedit file termasuk Google Docs, Sheets, dan Slides, dengan semua perubahan yang disinkronkan secara otomatis ketika koneksi internet dibuat kembali. Anda harus mengaktifkan akses offline satu per satu untuk setiap perangkat.

Untuk Melakukannya buka menu pengaturan di google drive, dan aktifkan mode Offline seperti gambar dibawah ini :

Pastikan juga untuk mendownload ekstensi Chrome Google Docs Offline.

Setelah selesai, Anda dapat mengunjungi situs web Drive untuk melihat atau mengedit file Anda. Namun perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan browser Chrome agar fitur ini berfungsi. Tentu saja, Anda juga dapat membuka file melalui folder Drive di komputer Anda, yang kemudian akan terbuka di Chrome.

Jika Anda melakukan ini di perangkat seluler. Anda harus membuka aplikasi Google Drive, ketuk ikon Opsi Lainnya ( icon tiga titik vertikal) di samping file, lalu pilih Available offline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here