Fiber Optik dibuat untuk mentransfer data besar dan salah satu yang optimal saat ini, namun tahu kah Anda pada kabel fiber optik ada beberapa jenis. Semua jenis kabel serat optik terdiri dari inti yang mentransmisikan cahaya, umumnya kaca atau plastik, kelongsong yang memantulkan cahaya, dan dikelilingi oleh selubung yang dimaksudkan untuk melindungi inti dari suatu kerusakan. Ketebalan lapisan ini dapat bervariasi, tergantung di mana kabel akan ditempatkan dan kinerja seperti apa yang dibutuhkan. Jadi, apa saja jenis kabel fiber optik ini ?

Jenis-Janis Kabel Fiber Optik :

1. Kabel Fiber Optik Single Mode

Kabel Fiber Optik Single Mode lebih di unggulkan untuk penggunaan komunikasi jarak jauh. Kabel Fiber Optik Single Mode dirancang untuk membawa sumber sinyal tunggal dengan kehilangan transmisi yang rendah pada jarak yang jauh. Ini sering digunakan untuk sistem komunikasi karena kejelasan yang diberikannya. Jenis kabel serat optik ini memiliki inti terkecil dan selubung paling tebal.

Jadi, Kelebihan Kabel Fiber Optik Single Mode adalah : Digunakan Untuk Komunikasi atau pengiriman data Jarak jauh

2. Kabel Fiber Optik Multimode

Untaian serat pada kabel fiber optic multimode menggunakan inti yang jauh lebih tebal daripada single mode. Serat multimode dapat membawa data yang encoded menggunakan beberapa sumber cahaya, sehingga memungkinkan beberapa aliran data untuk dikirimkan melalui satu serat optik. Kelemahan dari jenis kabel multi mode adalah jarak transmisi dan bandwidth data yang tersedia. Transmisi multi mode bagus digunakan untuk jarak yang lebih pendek .

Jadi, Kelebihan Kabel Fiber Optik Multi Mode adalah : memungkinkan jaringan komputer untuk mentransfer lebih banyak data pada waktu tertentu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here