Banyak dari kita mengalami kesulitan dalam memahami perbedaan mendasar antara berbagai jenis perangkat elektronik yang ada saat ini , termasuk mengetahui perbedaan antara Smart TV dan Android TV . Keduanya sangat mirip, Anda bahkan dapat mengatakan bahwa TV Android dan Smart TV tidak ada bedanya. Namun, pada dasarnya itu adalah berbeda.

Guna membantu Anda untuk mengetahuinya, berikut ini adalah perbedaan Smart TV dan Android TV :

Smart TV

Smart TV hadir dengan dukungan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan umumnya berjalan pada system operasi berbasis Linux seperti webOS, Tizen, HomeOS dan lainnya. Smart TV juga sudah disertai dengan aplikasi bawaan dan  memungkinkan mendukung asisten digital.

Smart TV memiliki beberapa fitur utama yang membedakannya dari perangkat TV biasa, terutama kemampuannya untuk terhubung ke internet dan memiliki beberapa aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, atau Facebook yang sudah diinstal sebelumnya. Namun, sebagian besar sistem operasi Smart TV tidak dapat diupgrade.

Kelebihan dan Kekurangan Smart TV

Kelebihan Smart TV :

1. Antarmuka yang sederhana dan mudah dimengerti

2. TV all in one

3. Harga terjangkau

Kekurangan Smart TV :

1. Aplikasi terbatas

2. Firmware aplikasi jarang mendapat update

TV Android

Dari segi hardware TV Android memiliki fitur yang hampir sama dengan Smart TV dengan dukungan seperti Wi-Fi, Bluetooth . Bedanya TV Android lebih banyak dilengkapi dengan aplikasi bawaan, namun, di sinilah perbedaannya. TV Android dapat terhubung ke Google Play Store layaknya seperti Ponsel Android, Anda dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi saat tersedia di Play Store. Sebagai bonus, banyak TV Android juga menambahkan mikrofon ke remote TV sehingga Anda dapat menggunakan Asisten Google .

Kelebihan dan Kekurangan TV Android :

Kelebihan TV Android :

1. Aplikasi yang banyak

2. Adanya update aplikasi berkala

3. Dapat terhubung dengan produk Google lainnya seperti  Google Play, Musik, Movies, dll.

4. Kaya fitur

Kekurangan TV Android :

1. Produsen terbatas

2. Harga lebih mahal dibanding smart tv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here