5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Laptop dan PC Cepat Rusak

0

Barang barang elektronik terutama elektronik komputer adalah salah satu barang yang sering mengalami kerusakan. Namun, Anda juga dapat memperpanjang umur pemakaian perangkat laptop dan PC Anda agar lebih awet. Oleh sebab itu, pada artikel dibawah ini, kami akan memberikan informasi tentang kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan laptop / pc cepat mengalami kerusakan.

1. Membiarkan Laptop/PC Overheating

Overheating atau panah yang berlebih adalah musuh utama pada laptop dan PC Anda. Jika hal ini terjadi maka prosesor dapat melambat atau bahkan dapat menyebabkan Laptop/ PC mati secara tiba tiba.

Jika Anda tetap memaksa untuk menjalankan pada suhu tinggi untuk waktu yang cukup lama dapat mengurangi masa pakai prosesor, fan , dan baterai laptop Anda.

Untuk solusi masalah ini cukup sederhana:

  • Jika pada PC, pastikan casing Anda memiliki aliran udara yang memadai, dengan ventilasi dan kipas yang cukup untuk menjaga agar udara dingin tetap mengalir melalui komponen dan jauhkan dari ruangan yang sempit, kalau bisa letakkan CPU Anda pada tempat yang ada aliran udara.  Dan jangan lupa untuk membersihkan debu dalam CPU secara rutin.
  • Jika pada Laptop, Jangan menggunakan laptop di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, jangan menggunakan laptop di atas kasur, bantar dan tempat yang tidak ada aliran udara.

2. Membiarkan Sisa Makanan, Debu, dan Tumpahan Air

Jika Anda suka ngemil, makan, merokok saat menggunakan PC atau Laptop segera bersihkan sisa debu dan makanan yang jatuh atau bahkan bekas tumpahan air/ noda kopi dan lainnya.

3. Mengabaikan Listrik

Perangkat PC dan laptop juga sensitive terhadap arus listrik yang tidak stabil, karena banyak komponen komponen penting yang ada didalamnya. Seperti Hardisk, RAM, Prosesor dan lainnya. Jika listrik di rumah Anda kurang stabil cobalah untuk menggunakan stabilizer.

Dan jika sering mati listrik, Anda dapat menggunakan UPS

4. Mengabaikan Maintenance Berkala

Maintenance tidak hanya diperlukan pada Komputer Server saja, tapi juga perlu dilakukan pada PC / Laptop yang Anda gunakan sehari-hari. Dengan rutin membersihkan perangkat PC dan debu yang menempel pada Keyboard, CPU juga dapat memperpanjang masa pemakaian PC/ Laptop Anda.

Dan jangan lupa, tidak hanya merawat hardware. Memelihari dari sisi software juga perlu seperti disk cleanup, defragment hardisk, membersihkan file cache dan semacamnya juga dapat membuat PC/Laptop Anda tetap stabil.

5. Menempatkan Laptop/ PC pada Permukaan yang tidak rata

Ini biasanya sering terjadi bagi pengguna laptop, apalagi saat Anda menonton film tentulah Anda mencari posisi yang paling nyaman. Saran kami, jangan menempatkan laptop pada tempat yang tidak rata (miring) terlebih lagi jika laptop Anda menggunakan hardisk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here