Kenapa AC bisa mati sendiri ?

Jika Anda sedang mengalami masalah ini pada AC Anda hal yang pertama yang harus Anda cek adalah pengaturan Timer pada remot. Apabila AC Mati pada jam tertentu saja dan masalah ini selalu berulang. Sudah hampir dipastikan penyebabnya ada pengaturan Timer Off pada remote AC Anda. Pastikan Timer Off di non aktifkan untuk mengatasi masalah ini.

Kenapa AC bisa mati sendiri ? padahal Timer Off sudah tidak aktif !

Ada juga beberapa masalah lain tentang AC yang mati sendiri, padahal fitur Timer Off sudah tidak aktif. Penyebabnya adalah , voltase listrik kurang dari 210 volt, Hal ini bisa menyebabkan AC  akan mati dengan dengan sendiri pada beberapa merk AC seperti Sharp akan di tandai dengan kondisi lampu indikator pada power dan timer akan berkedip (warna merah dan orange).

Cara mengatasi masalah ini adalah cek kelistrikan di rumah Anda, kami sangat menyarankan hal ini dilakukan oleh orang profesional atau bisa hubungi pihak PLN. Jika Anda sudah berpengalaman Anda bisa mengecek listik dengan cara :

1. Untuk mengukur voltase listrik Anda bisa menggunakan alat ukur multitester.

2. Perhatikan juga ketika Anda akan menghidupkan AC, cek terlebih dahulu lampu indikator yang menyala, apakah dalam keadaan berkedip atau tidak. Jika berkedip sudah hampir dipastikan Anda kekurangan voltase listrik .

Jika Anda pengguna AC Portable  juga mangalami masalah mati sendiri , lakukan langkah-langkah dibawah ini :

Sangat  dimungkinkan penyebab masalah ini pada water tank pada Ac portable Anda dalam keadaan penuh. Untuk mengatasi masalah ini kosongkan water tank pada Ac portable dengan cara :

  1. buka penutup
  2. pasang selang pembuangan air water tank . Setelah itu lakukan pembuangan air yang berada pada water tank , jangan lupa untuk memasangnya  kembali .
  3. Coba tes nyalakan AC portable Anda. Apakah masih mati dengan sendirinya ?

Cara Memperbaiki Meteran Listrik turun ketika AC di hidupkan

Ketika Anda menghidupkan AC dan menyebabkan MCT listrik turun (banting) maka ini bisa disebabkan oleh daya pada rumahAnda. Untuk memastikan masalahnya Anda bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini :

– Matikan semua perangkat elektronik yang Ada di rumah Anda

– Jika sudah nyalakan AC terlebih dahulu

– Jika AC bisa menyala,tanpa ada perangkat elektronik lainnya yang menyala, maka  bisa dipastikan daya listrik pada rumah Anda kurang . Lakukan penambahan daya untuk mengatasi masalah ini.

Saat AC Hidup sekitar 60 Menit tiba-tiba listrik turun.

Masalah ini adalah indikasi dari kerusakan pada kompresor AC Anda. Saran saya panggil tenaga profesional untuk mengatasi masalah ini.

Saat AC menyala Sebentar kemudian Listrik Turun

Bandingkan daya listrik dengan jumlah Watt AC yang Anda gunakan, pastikan daya listrik dirumah Anda minimal sebesar 1,5 kali daya AC.

Contoh kasus: Jika AC Anda 900 watt, maka daya listik yang diperlukan minimal adalah 1350 watt. Jika Daya listrik yang tersedia sama dengan daya listrik PLN yang terpasang , jangan lupa untuk menghitung pemakaian listrik pada peralatan rumah lainnya.

Jika Anda sudah memastikan listrik kurang mencukupi, kami sarankan menambah daya listrik di rumah Anda.

Cara Mengatasi AC yang menyala Sendiri.

Jika AC menyala dengan sendirinya pada jam tertentu dan hal ini terjadi secara berulang . Ini disebabkan oleh pengaturan TIMER ON dalam keadaan aktif. Untuk menonaktifkan fungsi Timer On, tekan tombol TIMER ON di remote AC, sampai tulisan ON hilang di layar remote. Pada beberapa merk AC sudah memiliki fitur memori yang dapat menyimpan pengaturan TIMER ON atau TIMER OFF, meskipun AC sudah dimatikan dari sumber listrik.

Mengatasi masalah saat AC dihidupkan outdoor menyala tapi indoor mati dan sebaliknya.

Masalah  tersebut disebabkan terjadinya masalah di switch power AC. Panggil teknisi AC untuk mengatasi masalah ini.

Suhu pada ruangan sudah dingin tapi kenapa Kipas pada kompresor tidak berhenti ?

Untuk memastikan masalah Coba naikkan suhu ke 28 derajat di remote AC Anda. Setelah itu  cek kembali kipas . Jika kipas berhenti, itu  menandakan kondisi AC normal.

AC Portable Tidak bisa menyala

AC portable mempunyai tangki  sabagai penampungan air. Jika tangki air sudah penuh, maka sensor secara otomatis akan menghentikan kerja AC Portable. Cara mengatasi hal ini cukup Kuras air yang ada di tangki penampungan agar AC portable Anda bisa nyala kembali.

Penyebab AC mengeluarkan Bau .

Bau yang tidak sedap pada AC bisa disebabkan dari posisi unit kompresor  dan saluran pembuangan air yang menghadap ke parit/got dan tempat pembuangan limbah lainnya.

Untuk mengatasi masalah bau ini : Coba Pindahkan unit kompresor ke tempat yang tidak menghadap pada sumber bau seperi parit, tempat pembuangan, got & dll

AC mengeluarkan Bau tidak enak saat hidup pertama.

Bau ini bisa disebabkan oleh perabotan rumah tangga Anda dan menempel pada Unit AC Anda.

Kenapa Muncul Tetesan Air pada AC ?

Penyebabnya adalah unit AC Anda sudah kotor. Cara mengatasi nya adalah dengan Cara mencuci AC Anda. Silahkan hubungi tukang service AC langganan Anda.

Keluar Oli pada unit kompresor AC

Kemungkinan evaporator pada perangkat AC Outdoor sedang bermasalah. Silahkan hubungi tukang service AC langganan Anda.

Kenapa Ada Bunga Es pada AC ?

Jika ada bunga es pada pada AC menandakan adanya kebocoran refrigerant (freon) Anda. Silahkan hubungi tukang service AC langganan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here