Alternator pada mobil adalah sebuah komponen yang cukup vital dari sistem pengisian arus listrik kendaraan dan juga memastikan kendaraan Anda bekerja sebagaimana mestinya. Gejala alternator yang sudah mulai rusak , cukup mudah diketahui. Apa saja gejalanya ? mari kita bahas satu per satu.

1. Mobil Susah di Starter

Apabila Alternator tidak lagi bisa memberikan daya yang cukup, maka akan berimbas juga pada baterai. Jika Kendaraan sudah hidup alternator akan melakukan cash oada baterai. Jika baterai tidak dapat diisi, otomatis mobil juga tidak bisa distarter.

2. Adanya Bunyi Mencicit, Menggeram, atau Suara Lainnya dari kap Mesin

Alternator memiliki bagian yang berputar, dan jika gerakannya ada penghalang akan ada beberapa suara aneh yang akan terdengar.

3. Adanya Kegagalan pada Sistem Kelistrikan

Listrik yang diciptakan oleh alternator juga memberi kekuatan pada beberapa aksesori kendaraan seperti AC, power window, stereo, lampu depan, head unit, dll.

Jika Anda memperhatikan bahwa salah satu dari aksesoris ini tidak bekerja dengan baik atau sama sekali, terutama ketika kendaraan dalam keadaan mati (karena RPM tidak cukup tinggi untuk menghasilkan daya yang cukup jika ada masalah lain), alternator mungkin menjadi penyebabnya.

4. Lampu Indikator Baterai & Check Enggine Menyala pada Dashboard.

Ketika ECU kekurangan listrik, komputer pada mobil tidak dapat berpikir dengan baik (seperti yang Anda rasakan ketika Anda sakit, mobil juga demikian) . Maka akan menampilkan Lampu indikator seperti baterai atau Check Enggine akan menyala pada dashboard.

5. Mesin Stalling / Mogok

Mobil keluaran terbaru sudah menggunakan system komponen listrik, sehingga jika ada masalah dengan alternator mobil, maka dapat mempengaruhi siklus pembakaran pada mobil Anda, yang dapat menyebabkan mogok pada mobil.

6. Adanya Bau terbakar pada Mobil

Dalam kasus yang parah, adanya muncul bau terbakar, menandakan ada yang terbakar pada bagian alternator. Jika Anda mengalami ini segera berhenti dan matikan mesin mobil Anda. Guna menghindari kerusakan yang lebih parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here