Apa itu File AAB ? Bagimana Cara Menginstall di Ponsel Android

0

File AAB (Android App Bundle) adalah sebuah file berisi seluruh kode program aplikasi Android. Boleh kita sebut setelah seorang developer android selesai membuat sebuah aplikasi dan menguploadnya ke  Google Play Store dalam format AAB. Hal pertama yang perlu Anda pahami tentang file AAB adalah bahwa ini bukanlah sebuah versi dari standar APK yang kita kenal selama ini. Ini berarti file AAB bukanlah format file baru .

Mengingat bahwa belakangan ini cukup banyak yang bertanya bagaimana cara menginstall file AAB di ponsel Android. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara melakukannya di ponsel Android Anda.

Berikut ini adalah Cara Menginstall file AAB di Ponsel Android :

Cara Menginstall file AAB Menggunakan Aplikasi Split APKs Installer

Pertama Anda dapat mendownload aplikasi Split APKs Installer ini secara gratis di google play store.

Setelah mendownload dan melakukan installasi di ponsel Android Anda, buka aplikasi Split APKs Installer. Dan buka file AAB yang ingin Anda install.

Selain menggunakan aplikasi diatas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti :

App Bundle Installer – Install aab, apks, xapk.

Selain membuka dan menginstall file AAB, aplikasi ini juga bisa membuka file dengan format :

1. File APKM

File APKM adalah bundel aplikasi Android yang dibuat untuk digunakan dengan Penginstal APKMirror, penginstal aplikasi Android alternatif. File APKM ini juga mirip dengan file .AAB , karena juga berisi sejumlah file .APK yang digunakan untuk menginstal aplikasi Android. Tapi bagimanapun juga hanya dapat diinstal menggunakan installer APKMirror.

2. File XAPK

File XAPK adalah sebuah paket file yang digunakan untuk menginstal aplikasi Android di ponsel . Ini mirip dengan format .APK yang kita kenal. File ini tidak di dukung oleh google play store. Akan tetapi file ini lebih memiliki banyak file aset lain yang digunakan oleh suatu aplikasi, seperti file .OBB, yang menyimpan grafik, file media, dan data aplikasi lainnya. File XAPK digunakan untuk mendistribusikan aplikasi di situs web unduhan aplikasi Android pihak ketiga.

3. File APKS

File APKS adalah file yang berisikan kumpulan arsip APK yang dihasilkan oleh sebuah utilitas yang digunakan untuk membuat dan mengelola Android App Bundle (file .AAB). File ini merupakan file dengan ekstensi .ZIP yang sudah terkompresi dan dibagi berdasarkan karakteristik perangkat seperti arsitektur pemograman, bahasa, kode dan fitur perangkat lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini