Apa itu Google Gemini ? Apakah Sama dengan Asisten Google ?

0

Belakangan ini mungkin ChatGPT adalah sebuah aplikasi AI yang cukup sering diperbincangkan dan menyusul berikutnya adalah Microsoft dengan Copilot AI nya. Mungkin baru-baru ini Anda juga mendengan Google Bard yang sekarang berganti menjadi Google Gemini.

Apa Itu Google Gemini?

Google Gemini adalah sebuah model AI multimodal, umum, dan fleksibel yang dapat memahami dan mempertimbangkan berbagai jenis informasi, seperti teks, kode, audio, gambar, dan video.

Gemini terbagi menjadi tiga yaitu Ultra, Pro, dan Nano.

  • Gemini Ultra adalah versi Gemini terbesar dan terkuat, yang dapat menangani perintah yang kompleks dalam memecahkan ┬ámatematika, fisika, coding, dan bidang lainnya. Ini multimodal dan lebih maju dibandingkan varian lainnya.
  • Gemini Pro adalah versi standar Gemini, cocok untuk tugas dan pertanyaan umum.
  • Gemini Nano adalah versi Gemini terkecil dan paling efisien, yang dapat berjalan secara lokal di perangkat seluler, seperti Pixel 8 Pro bawaan google. Dan ini dioptimalkan untuk pemrosesan AI pada perangkat yang cepat tanpa terhubung ke server.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah Gemini bukanlah manusia , ia tidak punya pikiran atau perasaan sendiri layaknya manusia, walau mungkin dapat berkomunikasi seperti manusia.

Yang perlu Anda Ingat adalah :

  • Gemini tidak dapat menggantikan orang-orang penting di hidup Anda, seperti keluarga, teman, guru, atau dokter
  • Gemini tidak dapat menggantikan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda, ini hanya dapat membantu Anda.
  • Gemini tidak dapat membuat sebuah keputusan hidup yang penting untuk Anda

Jadi, untuk itu bijaklah dalam menggunakan sebuah teknologi.

Apakah Google Gemini Dapat Mengganti Asisten Google?

Saat Anda menginstal aplikasi Android Gemini, Anda akan diminta untuk mengganti Google Assistant dengan Gemini. Ini akan menjadi pengganti yang lengkap. Dengan kata lain, jika Anda ikut serta saat memasang aplikasi lalu mengucapkan “Hai Google” ke ponsel Anda, tahan tombol daya, geser ke dalam dari sudut bawah layar, atau lakukan pemicu yang biasanya akan diluncurkan Asisten, Anda akan mendapatkan hamparan Gemini sebagai gantinya. Setelah Anda menginstal aplikasi Gemini, aplikasi ini berfungsi sebagai asisten AI pribadi Anda. Anda dapat mengobrol dengannya untuk mendapatkan bantuan dalam beberapa jenis tugas sehari-hari: Luncurkan Aplikasi: Anda dapat meminta Gemini untuk membuka aplikasi apa pun di ponsel Anda, seperti WhatsApp, Spotify, atau Instagram. Cukup ucapkan sesuatu seperti “Buka WhatsApp” atau “Luncurkan Spotify”, dan Gemini akan melakukannya untuk Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini