Apa itu SLC, MLC, TLC, QLC, dan PLC Pada Tipe SSD ?

0

Teknologi SSD saat ini menggunakan penyimpanan flash NAND yang blok pembangunnya adalah sel memori. Ini adalah unit dasar yang datanya ditulis didalam SSD, setiap sel memori menerima sejumlah bit yang terdaftar pada perangkat penyimpanan sebagai 1 atau 0. SSD memiliki berbagaimacam tipe diantaranya adalah :

Apa itu SSD tipe SLC (Single-Layer Cell) ?

Tipe paling dasar dari SSD adalah SSD SLC (Single-Layer Cell). SLC menerima satu bit per sel memori. Itu tidak banyak, tetapi memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :

– SLC adalah tipe SSD tercepat dan juga lebih tahan lama dan lebih jarang terdapat error, sehingga SLC dapat dianggap lebih dapat diandalkan daripada tipe SSD lainnya.

– SLC lebih populer di lingkungan perusahaan dengan alasannya adalah karena daya tahan . SLC cenderung lebih mahal, dan biasanya tidak tersedia untuk konsumen perorangan. Sebagai contoh, saya menemukan SSD SLC di suatu perusahaan dengan kapasitas 128 GB , bila dibandingkan harganya sama dengan SSD tingkat konsumen kapasitas 1 TB dengan tipe TLC NAND.

Apa itu SSD tipe MLC (Multi-Layer Cell) ?

MLC (Multi-Layer Cell)  pada tipe SSD hanya menyimpan dua bit per sel, yang tidak terlalu “multi-,” tetapi, kadang-kadang, skema penamaan teknologi tidak selalu berkembang.

MLC sedikit lebih lambat dari SLC karena dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis dua bit ke dalam sel daripada hanya satu. SSD dengan tipe SLC ini memiliki daya tahan dibawah SLC karena data ditulis ke NAND flash lebih sering daripada dengan SLC.

Meskipun demikian, kapasitasnya tidak setinggi jenis SSD lainnya, tetapi Anda dapat menemukan ukuran MLC 1 TB di pasaran.

Apa itu SSD tipe TLC (Triple-Layer Cell) ?

Seperti namanya, TLC SSD menulis tiga bit untuk setiap sel. TLC adalah tipe SSD yang paling umum.
TLC mengemas lebih banyak kapasitas daripada drive SLC dan MLC ke dalam paket yang lebih kecil, tetapi mengorbankan kecepatan, keandalan, dan daya tahan . Itu tidak berarti drive TLC di anggap buruk. Jangan biarkan gagasan Anda tentang daya tahan yang lebih rendah membuat Anda kecewa.

Apa itu SSD tipe Terabytes Written (TBW)

Model SSD TBW pada pasaran dapat Anda jumpai dengan kapasitas 500 GB Samsung 860 Evo (SSD yang populer beberapa tahun yang lalu) . TBW juga merupakan perkiraan “safe level” dari sebuah SSD biasanya melebihi batas ini.

Apa itu tipe SSD Quad-Level Cell (QLC) ?

Quad-level cell (QLC) apat menulis empat bit per sel. QLC NAND dapat mengemas data jauh lebih banyak daripada jenis lainnya. Daya tahan juga menjadi perhatian. Drive Crucial P1 QLC NVMe tingkat anggaran hanya memiliki peringkat 100 TBW pada model 500 GB, dan hanya 200 TBW pada 1 TB. Itu cukup jauh dari TLC, tetapi masih cukup baik untuk digunakan pada computer / laptop rumahan maupun harian.

Apa itu SSD tipe Penta-Level Cell (PLC) ?

SSD tipe PLC dapat menulis 5 bit per sel, tipe SSD ini belum ada di jual di pasaran, tetapi tipe SSD ini akan siap  dan segera diperkenalkan ke publik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini