Apa itu Agen Pengguna? Setiap orang yang sedang menjelajahi web sekarang memiliki User Agent. Ini adalah perangkat lunak yang bertindak sebagai jembatan antara Anda – pengguna – dan internet.

Ketika internet adalah sistem berbasis teks, kembali pada awal penggunaannya, pengguna harus mengetikkan perintah untuk menavigasi dan mengirim pesan. Sekarang, kita memiliki browser untuk melakukannya . Kami cukup mengarahkan dan mengklik, dan browser bertindak sebagai “agent” kami, mengubah tindakan menjadi perintah.

Bagaimana Cara Kerja User Agent?

Saat browser Anda (atau perangkat serupa) memuat situs web, browser mengidentifikasi dirinya sebagai agent saat mengambil konten yang Anda minta.

Bersama dengan identifikasi agen pengguna tersebut, browser mengirimkan sejumlah informasi tentang perangkat dan jaringan tempat perangkat tersebut berada.Ini adalah kumpulan data yang benar-benar untuk pengembang web karena memungkinkan mereka menyesuaikan pengalaman tergantung pada User Agent yang memuat laman.

Jenis User Agent

Browser adalah contoh langsung dari agen pengguna, tetapi alat lain dapat bertindak sebagai agen. Yang terpenting, tidak semua User Agent dikendalikan atau diinstruksikan oleh manusia, dalam waktu nyata. Perayap mesin telusur adalah contoh bagus dari User Agent yang (sebagian besar) berjalan secara otomatis – robot yang menjelajah web tanpa ada pengguna.

Berikut daftar beberapa User Agent yang akan Anda temui:

  • Browser: Termasuk Microsoft Edge, Internet Explorer, Firefox, Safari, Chrome, Opera, Opera Mini, iOS Safari, Chrome untuk Android, Samsung Internet, browser QQ, dan lainnya.
  • Perayap: Google, Gambar Google, Yahoo! Slurp, dan ratusan lainnya.
  • Konsol: PlayStation 4, Wii, PlayStation Portable dan Bunjalloo – peramban bawaan Nintendo DS.
  • Browser offline dan sejenisnya (misalnya, Wget dan Offline Explorer).
  • Pemeriksa tautan (misalnya, W3C-checklink).
  • Ditambah berbagai macam pembaca feed, validator, platform cloud, pemutar media, pustaka email, dan skrip.

User Agent Pengguna HTTP

Setelah User Agent mengidentifikasi dirinya ke server web, proses yang disebut negosiasi konten dapat dimulai. Ini memungkinkan situs web menyajikan versi berbeda dari dirinya sendiri, berdasarkan string User Agent. Agen memberikan kartu ID-nya ke server, dan server kemudian menegosiasikan kombinasi file, skrip, dan media yang sesuai.

Di masa awal web, User Agent digunakan untuk membedakan Mosaic dari Mozilla, karena Mosaic tidak mendukung bingkai, sedangkan Mozilla mendukung.

Cara Membaca String Agen Pengguna

Untuk melihat string User Agent secara lebih detail, lihat contoh string agen pengguna ini, seperti yang dihasilkan oleh Alat Agen Pengguna WhoIsHostingThis.

***Catatan Informasi :

Apa itu User Agent dalam permintaan HTTP?

User Agent pada http adalah rangkaian karakter tertentu di setiap browser yang memungkinkan tindakan sebagai agen identifikasi. User Agent memungkinkan web-server untuk mengidentifikasi sistem operasi dan browser. Kemudian, server web menggunakan informasi yang dipertukarkan untuk menentukan konten apa yang disajikan ke sistem operasi dan browser web tertentu pada serangkaian perangkat.


Apa yang ada di string User Agent?

String User Agent berisi aplikasi atau perangkat lunak pengguna, sistem operasi (dan versinya), klien web, versi klien web, dan mesin yang bertanggung jawab atas tampilan konten (seperti AppleWebKit). String agen pengguna dikirim dalam bentuk header permintaan HTTP.

Apa itu deteksi agen pengguna?

Deteksi User Agent adalah proses mengakui dan menganalisis string agen pengguna untuk mengenali properti string. Deteksi agen pengguna dapat berguna untuk situs web untuk mengoptimalkan dan menargetkan berbagai fitur browser dibandingkan dengan jenis browser tertentu.

Apa itu spoofing User Agent?

Spoofing User Agent adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kejadian di mana konten User Agent browser web memungkinkan browser web untuk berpura-pura dan mengidentifikasi sebagai browser lain. Karena situs web sering memeriksa jenis browser saat menampilkan konten kepada pengguna, spoofing agen pengguna bermanfaat bagi banyak browser web dalam hal kompatibilitas.

Untuk apa WebKit digunakan?

WebKit adalah mesin browser HTML. Ini adalah mesin open-source yang dikembangkan oleh Apple dan terutama digunakan di browser Safari dan iOS Apple. Ini adalah mesin rendering yang memproses HTML dan CSS untuk menafsirkan dan menampilkan halaman web. WebKit juga bertanggung jawab untuk memungkinkan Anda menavigasi tautan pada halaman web.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here