Aplikasi Oximeter Untuk Ponsel Android

0

Oximeter adalah sebuah alat tes non-invasif dan dalam penggunaannya tanpa menyebabkan rasa sakit. Alat ini berfungsi untuk mengukur tingkat saturasi oksigen pada tubuh Anda, atau mengukur kadar oksigen dalam darah Anda. Oximeter ini dapat dengan cepat mendeteksi perubahan kecil dalam seberapa efisien oksigen yang dibawa ke ekstremitas terjauh dari jantung Anda, termasuk kaki sampai lengan.

Bila berbicara soal ukuran, Alat oximeter pulse ini berbentuk cukup kecil layaknya seperti klip kertas, Biasanya cara penggunaan alat ini ditempelkan pada jari kaki atau daun telinga. Namun pada prakteknya alat ini sering diletakkan di jari. Alat ini juga sering kita lihat pada Ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit, klinik dan pusat medis lainnya.

Tapi apakah Anda tau, kalau oximeter juga tersedia pada aplikasi Android ? Berikut ini adalah aplikasi oximeter untuk ponsel android :

1. Pulse Monitor – Beat & Oxygen

Anda bisa memeriksa saturasi oksigen dan detak jantung Anda kapan saja, di mana saja dengan aplikasi Pulse Monitor. Sayangnya, Aplikasi ini hanya berfungsi pada ponsel yang sudah memiliki fitur sensor IR bawaan seperti:

  • Samsung Galaxy Note4/Edge
  • Samsung Galaxy /5/7/8/9
  • Galaxy S6/7/8/9/10 termasuk varian plus.
  • Dan Ponsel Android lainnya yang sudah memiliki fitur IR

Aplikasi ini menggunakan algoritma lanjutan untuk menghitung saturasi oksigen dari IR (Inframerah) dan keluaran sinyal inframerah oleh sensor. Untuk menggunakan Aplikasi ini, Anda bisa melihat video dibawah ini :

2. Heart Rate Plus: Pulse Monitor

Jika aplikasi yang pertama memerlukan ponsel yang memiliki sensor IR, tidak dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini dapat berfungsi cukup hanya dengan meletakkan jari Anda pada kamera ponsel Android Anda.

Untuk penggunaan Aplikasi ini Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Pertama, letakkan ujung jari telunjuk Anda pada lensa kamera belakang .
  • Jangan menekan lensa terlalu keras atau karena dapat membatasi sirkulasi yang akan mengakibatkan pembacaan yang tidak akurat.
  • Setelah satu atau dua detik, Anda akan melihat grafik denyut jantung tampil di display aplikasi Heart Rate Plus: Pulse Monitor.
  • Tetap letakkan jari Anda selama lima detik pada lensa kamera untuk menghitung detak jantung Anda dan memperbarui angkanya.

***Catatan :

  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, tahan jari Anda selama 10 detik untuk mendapatkan detak jantung yang stabil.
  • Aplikasi ini Kami sarankan jangan digunakan sebagai patokan modis,karena sensor yang digunakan tidak begitu akurat. Tapi untuk penggunaan sebagai alat kebugaran atau hiburan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here