Cara Cek Sinyal WIFI di Ponsel Android & PC Windows

0

Salah satu faktor yang membuat koneksi internet WIFI Anda lambat adalah kurangnya kekuatan sinyal yang Anda terima, tentu saja ini sangat berpengaruh pada sebuah koneksi WIFI. Terkadang Jika sinyl WIFI Anda terlalu lemah, akan membuat koneksi perangkat Anda akan terputus.

Mengapa Kekuatan Sinyal WIFI Itu Sangat Penting ?

Sinyal Wi-Fi yang lebih kuat berarti koneksi yang lebih cepat dan stabil. Inilah yang memungkinkan Anda memanfaatkan sepenuhnya kecepatan internet yang tersedia untuk Anda.

Akan tetapi kekuatan sebuah sinyal WIFI bergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa jauh Anda dari router, apakah koneksi menggunakan 2,4 atau 5GHz , dan bahkan penghalang dinding di sekitar Anda.

Semakin dekat Anda ke router, semakin baik. Meskipun koneksi 2,4 GHz disiarkan lebih jauh, koneksi tersebut mungkin mengalami masalah interferensi. Dinding yang lebih tebal dan terbuat dari bahan yang lebih padat (seperti beton) akan menghalangi sinyal WIFI.

Jika perangkat Anda terlalu jauh dari sumber WIFI, atau ada penghalang seperti adanya dinding tembok yang menghalangi sinyalnya. Jika kondisi ini sedang Anda alami, berikut ini adalah cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda secara tepat dan mudah.

Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan pengecekan pada sinyal WIFI pada dua perangkat yang berbeda, yaitu pada ponsel android dan pada PC/ Laptop Windows.

1. Cara Cek Sinyal WIFI di Ponsel Android

Untuk melakukan pengecekan dan mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi di ponsel Android, Anda dapat menggunakan Aplikasi Wi-Fi Analyzer  untuk Android yang dapat di download secara gratis di google play store. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan menunjukkan hasil untuk Cek sinyal WIFI apa pun di sekitar Anda.

Untuk cara menggunakan Wi-Fi Analyzer caranya cukup buka aplikasi Wi-Fi Analyzer dan cari jaringan yang ditemukan. Setiap entri akan mencantumkan kekuatan sebagai dBm.

Untuk cek sinyal WIFI yang terhubung dengan perangkat Anda saat ini, cukup lihat kekuatan dBm nya, semakin tinggu skor dBm nya, semakin bagus sinyal WIFI yang Anda gunakan.

Pada aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan scan pada jaringan WIFI yang ada disekitar Anda, kemudian hasil scan akan ditampilkan secara berurut berdasarkan kekutan sinyal yang sudah dihitung.

2. Cara Cek Sinyal WIFI di PC/ Laptop Windows

Pada windows Anda juga dapat melakukan cek sinyal wifi menggunakan aplikasi WifiInfoView.

Program ini gratis, mudah digunakan, dan tidak ribet. Cukup jalankan aplikasi. Sama seperti pada Android, Anda akan menemukan pengukuran dBm tercantum di bawah entri RSSI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini