Cara Mengatasi Token Listrik Gagal

0

Penggunaan listrik dengan sistem token memang memiliki plus dan minus, pada dasarnya dengan listrik sistem token ini kita dapat menghemat penggunaan listrik karena kita lebih dimudahkan untuk menghitung dan mengontrol pengeluaran biaya listrik.

Namun dibalik keunggulannya ada beberapa masalah umum yang sering terjadi salah satunya adalah Gagal saat mengisi token listrik. Bagi Anda pengguna listrik token mungkin pernah mengalami masalah seperti ini. Dan pada artikel ini kami akan memberikan tips dan solusi bagaimana cara mengatasi masalah error Gagal saat menginput token Listrik.

Berikut ini Adalah Cara Mengatasi Token Listrik Gagal :

1. Reset Meteran Listrik

Jika Anda gagal saat melakukan pengisian token listrik ada kemungkinan error yang terjadi di meteran listrik Anda,, solusi sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reset pada meteran listrik Anda.

Untuk caranya ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Pada meteran listrik tekan angka 00
  • Dan Kemudian Tekan tombol Enter
  • Maka setelah itu meteran Anda sudah tereset, coba kembali inputkan nomor token listrik Anda.

2. Pastikan Nomor Token Yang Anda Inpunkan Sudah Benar

Token listrik memiliki 20 digit kode nomor token, kode ini yang selalu kita input di meteran saat melakukan pengisian ulang token. Karena kode token yang cukup panjang, kemungkinan salah input juga semakin besar.

Oleh sebab itu sangat penting rasanya untuk lebih teliti dalam melakukan penginputan token listik.

3. Meteran Anda Terblokir

Sama seperti saat Anda menggunakan ATM, jika lebih dari tiga kali dalam menginput nomor pin maka kartu Anda akan terblokir. Begitu juga sistem keamanan yang diterapkan oleh PLN. Meteran Anda bisa terblokir jika Anda salah menginputkan nomor token lebih dari tiga kali.

Jika meteran Anda terblokir Anda dapat melakukan unblock dengan menghubungi nomor contact center PLN pada nomor 123, Jika Anda menggunakan ponsel jangan lupa menekan kode area diawal,

Contoh :

(Kode Area) 123

Misalkan saya berada di area Jakarta maka saya akan mengetikkan nomor 021 123

4. Ada masalah Pada Server PLN

Berbeda dengan meteran listrik konvensional, setiap meteran listrik token terhubung dengan suatu server PLN. Dan jika Anda gagal dalam melakukan pengisian token ada kemungkinan pihak PLN sedang melakukan perbaikan pada server mereka. Untuk memastikannya Anda bisa menghbungi nomor kontak center PLN pada nomor 123.

Dan jika memang sedang ada gangguan, sebaiknya Anda sabar untuk menunggu perbaikan sampai selesai.

5. Pemakaian Listirk Yang Over Limit

Tahukah Anda setiap meteran listrik token memiliki limit pemakaian setiap bulannya ?  Dan salah satu indikasi jika meteran listrik Anda terkena limit adalah gagal saat melakukan penginputan token.

Karena setiap meteran memiliki limit yang berbeda beda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan petugas PLN untuk mengetahui berapa limit pemakaian meteran listrik Anda dalam satu bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here