Cara Konversi File Audio/Video/Mp3/Voice ke Teks di PC/Android/iOS

1

Saat ini dengan munculnya teknologi AI (Artificial Intelligence), transkripsi atau konversi  Voice (Rekaman Suara)  ke teks sangatlah mungkin dilakukan. Memang sebelumnya sudah banyak aplikasi yang menawarkan konversi voice ke teks ini, namun hasilnya kurang begitu memuaskan dan banyak hasil konversi yang tidak sesuai. Pada artikel ini Saya telah membuat sebuah daftar terbaik untuk Anda bagimana cara mengonversi rekaman suara/ voice menjadi teks yang bisa dilakukan pada ponsel, browser , dan PC/Laptop Anda. Anda bisa bayangkan sendiri  bagimana sebuah MP3/Video Ceramah, Pembicaraan , Wawancara dan aktifitas percakapan lainya bisa di konversi secara otomatis kedalam bentuk teks tanpa harus mengetik .

Bagimana Caranya ? Mari kita mulai :

1. Menggunakan Aplikasi Transcribe

Aplikasi ini cukup sederhana dengan ini memungkinkan Anda untuk memuat file audio/video

Aplikasi Transcribe berfungsi  mentranskripkan rekaman video dan audio ke dalam teks. Meskipun aplikasi ini gratis, ia memonetisasi waktu transkripsi setiap jam.
Aplikasi ini memberikan output yang jelas hanya saja dengan tanda baca yang hilang di sana-sini.

Tingkat Akurasi: 96%

Minus aplikasi ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone yang bisa Anda Download pada link dibawah ini :

2. Otter.AI

Otter.AI adalah aplikasi transkripsi voice ke teks yang bagus untuk siswa atau mahasiswa dan membantu mereka dalam memudahkan proses belajar mengajar , jadi cukup merekam apa yang dijelaskan guru atau dosen nanti bisa di konversikan dengan Otter ke dalam teks, luar biasa bukan ?  Bukan hanya Siswa, ini juga populer di kalangan untuk menuliskan notulensi rapat dan dan lainnya. Semua transkripsi terjadi di system cloud dan Anda mendapatkan dua varian skrip. Draf pertama adalah transkripsi cepat yang dihasilkan dalam hitungan detik dan mungkin mengandung lebih banyak kesalahan, namun pada proses kedua audio diproses lagi di cloud dan secara signifikan meningkatkan akurasi transkrip. Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk Android dan iOS, Anda dapat menyalin percakapan audio hingga 600 menit.

Selama pengujian aplikasi ini, saya menyimpulkan aplikasi ini masih sangat akurat dalam percakapan bahasa inggris dan untuk bahasa Indonesia ? masih lumayan banyak kesalahan konversi. Lagian aplikasi ini juga tidak bisa mengidentifikasi perubahan paragraf apa pun, tetapi itu bukan masalah besar karena kita bisa mengedit skrip sesudahnya.

Tingkat Akurasi: 94%

Anda bisa Download pada link dibawah ini :

3. Happyscribe

Happyscribe adalah aplikasi konversi voice rocorder ke teks dengan penawaran berbayar yang ditargetkan tepat pada para profesional, termasuk jurnalis.

Nantinya Anda mendapatkan berbagai opsi ekspor file, misalkan ke dokumen Word .

Happyscribe hanya tersedia dalam versi browser dengan alamat link dibawah ini :

4. Sobolsoft MP3 to Text Converter

Sobolsoft memiliki lebih dari 1500 aplikasi dan transkripsi audio ini hanyalah salah satunya. Konverter Sobolsoft Speech to Text memerlukan pengaturan lebih banyak daripada kebanyakan aplikasi sebelumnya . Anda memerlukan Akses kunci IBM Speech to Text API untuk membuatnya berfungsi. Sobolsoft sendiri memiliki versi gratis dan versi berbayar sekitar $ 19,99. Saya tidak melihat adanya perbedaan yang signifikan ketika menggunakan versi gratis dengan versi yang berbayar.

Hasil tes jelas ketika Anda membawa Watson IBM dalam gambar. Namun, hasilnya tidak lebih baik daripada beberapa aplikasi yang lebih canggih di atas seperti Happyscribe dan Otter.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini