Banyak orang mengeluhkan masalah pengisian daya baterai yang lambat pada perangkat ponsel Android mereka. Dan itu cukup terbukti terutama pada ponsel yang tidak mendukung fast charging (pengisian cepat). Jika Anda sedang mengalami kondisi ini saat ini, jangan khawatir, kami siap membantu Anda. Berikut panduan sederhana tentang cara memperbaiki masalah pengisian daya baterai yang lambat di Ponsel/HP Android Anda.

1. Kabel Data Charger yang Rusak

Jika ponsel Anda sangat lambat saat mengisi daya baterai, memeriksa kabel USB harus selalu menjadi langkah pertama Anda. Karena ini adalah penyebab umum yang sering terjadi. Karena kabel charger sering dipakai, tentu lama-lama akan ada masalah yang terjadi . Apalagi kabel charger yang sering, ditekuk, diinjak, dan sering digunakan pada hp yang berbeda.

Jadi cobala untuk mengganti kabel charger Anda terlebih dahulu.

2. Hindari Menggunakan HP/ Ponsel Saat Mengisi Baterai

Menggunakan ponsel saat mengisi daya akan menghabiskan banyak daya untuk menjalankan tampilan dan sumber daya lainnya. Konsumsi daya paralel ini mengurangi arus yang Anda isi dengan baterai, sehingga menurunkan kecepatan pengisian secara keseluruhan. Demikian pula, banyak ponsel cenderung memanas jika Anda menggunakannya saat mengisi daya. Ketika panas melampaui batas tertentu, ponsel mulai membatasi kecepatan pengisian daya serta kinerja untuk menjaga suhu. Selain itu, panas berlebih dari layar dan prosesor dapat menyebabkan baterai rusak atau berkurang siklus hidupnya.

Oleh karena itu, lebih baik Anda menghindari menggunakan hp/ponsel saat dalam proses charger.

3. Adaptor Charger yang Rusak

Jika Anda sudah memastikan tidak ada kerusakan pada kabel charger, analisa berikutnya adalah periksa adaptor charger Anda. Ini juga sering menjadi penyebab masalah charger yang lambat di isi.

Untuk memastikan adaptor Anda rusak atau tidaknya, hal yang paling mudah adalah mencoba meminjam adaptor teman Anda yang memiliki spesifikasi yang sama dengan ponsel Anda, jika pengisian cepat. Segeralah untuk mengganti adaptor Anda.

4. Update Sistem Operasi Ponsel Anda ke Versi Terbaru

Sistem Operasi yang sudah lama tidak di update dapat menimpulkan adanya bug, termasuk dalam masalah ini. Jadi cobalah untuk mengupdate system operasi ponsel Anda ke versi terbaru.

5. Port Charger Anda terhalang Benda Asing

Lubang pada port charger Anda cukup rentan dimasuki oleh benda benda asing, seperti sisa makanan, debu yang tebal dan benda asing lainnya. Untuk itu cobalah untuk membersihkan port charger Anda.

6. Baterai Sudah melemah

Jika usia ponsel Anda sudah lebih dari 1,5 tahun , hal ini sudah lumrah terjadi. Cobalah untuk melakukan penggantian baterai. Saya menyarankan untuk menggunakan baterai asli agar tidak ada masala di kemudian hari.

7. Charger Anda Berkarat

Cobalah untuk melihat port charger Anda, apakah ada karat yang muncul disana ? jika ada itu adalah salah satu pemicu terjadinya masalah ini. Karena port charger terbuat dari besi, jika terkena air ada kemungkinan terjadinya karat.

Berita sebelumyaCara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone
Berita berikutnyaCara Memperbaiki Icon yang hilang di Ponsel Xiaomi MIUI 12

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here