Cara Memperbaiki error 522 Connection timed out

Error 522 connection timed out terjadi ketika suatu jaringan tidak dapat menghubungi suatu server web.

Ada beberapa penyebab utama timbul error 522 connection timed out ini diantaranya adalah :

  • Server web memiliki beban yang berlebihan (Overload) untuk merespons permintaan.
  • Server web memiliki firewall yang menghalangi permintaan Anda.
  • Server web sedang offline, atau alamat IP yang sudah ditetapkan mengalami pengaturan DNS yang salah .
  • Ada masalah routing jaringan antara jaringan yang Anda gunakan dan web server suatu website.
  • Server memiliki keepalives yang dinonaktifkan.

Dalam semua kasus ini, perlu dicermati bahwa pastikan server web aktif dan menerima permintaan dari HTTP sebelum Anda melangkah lebih jauh, dan pastikan juga setelan DNS sudah di konfigurasi dengan benar. Jika sudah ikuti langkah-langkah perbaikan dibawah ini :

Yang perlu Anda lakukan jika Server web memiliki beban yang berlebihan (Overload)

Pastikan server tidak kelebihan beban. Jika ya, itu bisa menyebabkan munculnya error 522. Secara umum, hal yang baik untuk diperiksa adalah rata-rata beban. Di Linux / Unix, Anda bisa mengeceknya dengan menjalankan perintah ‘w’ pada command line, atau dengan mengecek menggunakan perintah ‘top’. Apa yang dimaksud dengan beban tinggi berdasarkan nilai beban dapat berbeda tergantung pada komputer dan perangkat lunak yang berjalan dengannya, namun umumnya rata-rata beban di atas 10-20 atau lebih dapat berarti bahwa server kelebihan beban. Sebaiknya hubungi pihak host (webhosting) Anda atau administrator sistem tentang hal ini jika Anda tidak yakin untuk mengatasinya.

Jaringan dengan firewall (atau rate-limiter) yang menghalangi permintaan kita Sehingga menyebabkan error 522 Pada Layanan Cloudflare

Pada kasus ini saya menggunakan layanan Cloudflare

Ini adalah penyebab paling umum yang terjadi dari munculnya error 522. Hal-hal penting untuk dicek adalah :

  • Pastikan Anda tidak memblokir IP Cloudflare di .htaccess, iptables, atau firewall Anda.
  • Pastikan penyedia hosting Anda tidak membatasi atau memblokir permintaan IP dari IP Cloudflare dan mintalah mereka memasukkan alamat IP yang disebutkan di alamat http://www.cloudflare.com/ips

Saat arus lalu lintas melalui Cloudflare pada sebuah situs web, awal mulanya akan melihat permintaan datang dari Cloudflare itu sendiri . Sebagian besar permintaan untuk situs web melalui Cloudflare akan muncul hanya beberapa alamat IP. Karena itu, ini sering bisa memicu firewall dan IP rate-limiters untuk memblokir permintaan dari kita, dengan pemikiran bahwa situs tersebut sedang diserang. CPHulk (yang dilengkapi dengan cPanel) dan layanan lainnya telah diketahui melakukan hal ini. Untuk mengatasinya, pastikan alamat IP yang disebutkan di sini telah masuk dalam daftar putih, atau nonaktifkan pembatas .

Ada masalah routing jaringan antara Cloudflare dan server web Anda.

Hal ini lebih sulit untuk dipecahkan daripada penyebab lainnya, dan yang terbaik adalah memastikan penyebab potensial lainnya telah dikesampingkan sebelum memeriksa ini. Jika Anda yakin hal ini adalah penyebabnya, Saya merekomendasikan untuk membuat ticket ke Cloudflare.

Nonaktifkan fitur keepalives

Cloudflare menggunakan header Keep-Alive untuk meningkatkan kinerja. Menonaktifkannya akan menyebabkan koneksi gagal dan menyebabkan error 522 dalam beberapa situasi. Fitur ini diaktifkan secara default di server web, jadi cukup nonaktifkan fitur ini.

Dari beberapa kasus diatas apa yang sebenarnya memicu terjadinya error 522 ini ?

Respons error 522 muncul saat Cloudflare tidak dapat membuat koneksi TCP ke server asal situs web.

Saat seseorang mengunjungi situs web Cloudflare-enabled, yang dibuat terkoneksi antara Cloudflare dan server asal situs web. Untuk menjalin koneksi, TCP menggunakan tiga arah.

  1. SYN: Cloudflare mengirimkan tiga paket SYN ke server asal.
  2. SYN + ACK: Sebagai tanggapan, server asal membalas dengan SYN + ACK.
  3. ACK: Akhirnya, Cloudflare mengirim ACK kembali ke server asal.

Pada titik ini, Cloudflare dan server asal telah menerima pengakuan atas koneksi dan komunikasi. Jika server asal tidak mengirim SYN + ACK kembali ke Cloudflare dalam waktu 15 detik, kesalahan 522 akan terjadi dan sambungan akan ditutup.

Berikut adalah diagram yang menggambarkan suksesnya handshake TCP Cloudflare:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *