Error b200 atau p10 pada printer canon ini cukup membuat kita frustrasi, apalagi ketika kita perlu mencetak sesuatu yang penting, dan kode error muncul. Salah satu kesalahan printer Canon yang paling membuat kita bingung adalah error B200/p10, yang dapat mengindikasikan potensi kesalahan yang cukup fatal pada printer Anda. Ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah error ini.

Penyebab Kesalahan B200 dan P10 Printer Canon


Pada tingkat paling dasar, kesalahan B200 dan P10 menunjukkan ada masalah pada print head. Print head adalah bagian yang mendistribusikan tinta dari kartrid ke kertas, yang berarti itu adalah salah satu aspek terpenting dari keseluruhan printer.

Cara Memperbaiki error B200 dan P10 pada Printer Canon

Cobalah beberapa saran di bawah ini sebelum Anda berfikir untuk mengganti printer Anda.

1. Lepas Semua Kabel pada Printer Canon

Cabut dan lepaskan semua kabel yang terpasang (kabel listrik &USB) setidaknya selama 30 menit atau lebih lama. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tidak ada masalah kelistrikan pada printer canon Anda.

2. Lapaskan & Bersihkan Cartridge pada Printer Canon

Bersihkan Cartridge printer. Gunakan opsi maintenance dari control panel untuk menjalankan siklus pembersihannya. Ini sangat berguna jika Cartridge printer tersumbat.

Bersihkan Cartridge secara manual. Gunakan alkohol murni atau pembersih non-minyak. Gunakan kain mikrofiber untuk menggosok pembersih, lalu biarkan benar-benar kering sebelum Anda menghubungkan kembali.

3. Bersihkan Tinta yang Membeku pada Cartridge Printer

Mungkin ada tinta yang Membeku di dalam Cartridge yang tidak kasat mata. Rendam Cartridge menggunakan air panas sampai Cartridge bersih (biasanya ditandai tidak ada lagi tinta yang keluar, sehingga air panas tadi sudah menjadi bening) . Oleskan sampai kering dengan tisu, lalu masukkan kembali Cartridge ke dalam printer.

4. Coba Gunakan Cartridge Lain yang Sesuai

Jika Anda memiliki teman yang juga memiliki printer canon yang sama, cobalah untuk meminjam sebentar Cartridgenya. Jika printer Anda berfungsi dengan normal lagi, maka Anda cukup membeli Cartridge saja.

5. Bawa ke tukang service Printer & siapkan juga budget untuk membeli printer baru.

Jika tidak ada metode di atas yang berfungsi, Saatnya membawa printer Anda ke tukang service. Karena error B200 ini berhubungan dengan hardware, maka akan cukup banyak biaya yang akan Anda keluarkan. Jika biaya perbaikan tidak beda jauh dengan harga printer baru, saya merekomendasikan Anda untuk membeli printer baru saja. Karena walaupun berhasil di perbaiki ada kemungkinan error B200 dan P10 ini akan muncul kembali. Jadi bijaklah dalam mengambil keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here