Cara Memperbaiki Charger Laptop Acer Tidak Mengisi Baterai

0

Bagi Anda pemilik laptop acer, mungkin pernah atau saat ini mengalami masalah seperti laptop yang tidak mengisi baterai saat melakukan charger. Mungkin Anda menganggap baterai Anda sedang bermasalah atau rusak. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, seperti masalah kabel charger, adaptor , sistem driver dan masalah lainya.

Pada artikel ini Kami akan memberikan beberapa cara untuk memecahkan masalah mengapa komputer Acer Anda tidak dapat mengisi daya sehingga Anda dapat menghindari sebelum membawanya ke tampat service laptop. Dan dalam beberapa kasus, bahkan perbaikan yang kami berikan ini sama sekali tidak perlu mengganti part atau hal lainya.

Berikut ini Cara Memperbaiki Charger Laptop Acer Tidak Mengisi Baterai :

1. Update Driver BIOS dan Firmwire

Solusi pertama yang Anda lakukan adalah dengan melakukan update BIOS. Anda dapat langsung mendownload driver BIOS versi terbaru di website acer.

Dan lanjutkan proses installasi setelah proses download selesai.

Catatan :

Jangan lupa untuk melakukan update atau install ulang pada  driver

2. Cek Kabel Charger

Selanjutnya, coba pastikan kabel charger Anda tidak terkelupas atau putus. Caranya, secara fisik cobalah untuk memperhatikan pada bagian kabel, apakah ada yang rusak atau terkelupas ? Jika memang ada, mungkin hal itu bisa menjadi penyebabnya. Jadi, segera lakukan perbaikan dan jika memngkinkan sambung ulang.

3. Cek Adaptor Charger

Jika pada bagian kabel, sudah dipastikan aman dan tidak ada masalah atau kerusakan yang terjadi, selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan pada adaptor. Untuk melakukan pengujian juga cukup sederhana.

Pada laptop acer Anda biasanya dilengkapi dengan lampu indicator charger. Jadi coba hubungkan charger ke laptop acer Anda, dan perhatikan pada lampu indicator charger apakah lampu menyala atau mati ? Jika ternyata lampu indicator tidak hidup, jika memungkinkan cob ates dengan charger lain yang sejenis. Atau Anda bisa meminjam charger laptop teman Anda yang satu tipe.

4. Pastikan Tidak Ada Kendala Pada Listrik Atau Port Sumber Listrik Anda

Jangan lupa untuk memastikan kalua port sumber listrik rumah Anda aktif dan teraliri oleh listrik.

5. Kalibrasi Ulang dan Reset Baterai Laptop Anda

Apakah Anda sudah tau, kalua kita juga bisa melakukan reset dan kalibrasi ulang pada baterai laptop Anda? Jika belum, pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas bagaimana cara melakukan kalibrasi ulang pada baterai laptop .

Baca : Cara Reset dan Kalibrasi Ulang Baterai Laptop

6. Bawa Laptop Anda ke Tempat Service Center

Jika semua cara diatas belum berhasil, kemungkinan besar ada masalah hardware yang berhubungan dengan charger atau beterai laptop Anda.

Saran saya, sebaiknya bawa laptop acer Anda ke service center acer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here