Cara Memperbaiki Error “Device is not Certified by Google”

Beberapa hari yang lalu, kami melaporkan bahwa Google mulai memblokir perangkat Android yang tidak bersertifikat untuk mengakses aplikasi dan layanan Google Play. Itu berarti bahwa perangkat apa pun yang tidak disertifikasi oleh Google tidak akan lagi dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi seperti Gmail, Google Maps, Google Play Musik, Google Foto, dan lainnya yang ada di google play. Jika Anda membeli perangkat Android dan Anda melihat peringatan ” Device is not Certified by Google” atau “Perangkat tidak Disertifikasi oleh Google”, apa yang dapat Anda lakukan? Anda tidak memiliki banyak pilihan, Anda jangan kuatir berikut adalah langkah-langkah memperbaikinya :

Bagaimana cara memeriksa sertifikat ponsel Android Anda ?

Pertama, mari kita pastikan apakah perangkat Anda sudah tersertifikasi atau belum . Jika Anda menduga bahwa perangkat Anda tidak bersertifikat tetapi Anda tidak yakin, berikut cara memeriksanya.

  1. Buka Google Play Store
  2. Buka menu sidebar dengan menarik dari kiri
  3. Ketuk Pengaturan
  4. Gulir ke bawah lalu pilih “Tentang/ about ”. pilih “sertifikasi perangkat.”

Bagaimana Cara Membuka Blokir Google Apps di Perangkat Android

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, pemindahan ini dimaksudkan untuk mencegah perusahaan mengirimkan perangkat Android yang tidak bersertifikat Google Play dengan aplikasi dan layanan Google on-board. Google tidak ingin menghukum pengguna biasa dengan mencegah mereka menggunakan aplikasi mereka, jadi itulah mengapa mereka membuka laman web tempat Anda dapat mengajukan permohonan pengecualian. Halaman web ditujukan untuk pengguna ROM khusus, seperti Anda di LineageOS, untuk dimasukkan dalam daftar putih sehingga Anda masih dapat menggunakan GAPPS, tetapi juga dapat digunakan oleh pengguna Amazon Fire atau perangkat lain.

Google PR menghubungi kami untuk menginformasikan bahwa halaman web mencari ID Kerangka Layanan Google Play (GSF). Berikut cara melepas blokir ponsel Android Anda dengan benar sehingga Anda dapat menggunakan Google Play Store :

  1. Temukan ID Perangkat GSF perangkat Anda. Ada aplikasi sederhana di Play Store bernama Device ID ‘, tetapi karena Anda jelas tidak dapat mengakses Play Store, saya telah menyiapkan versi APK nya di sini .
  2. Setelah Anda Download dan Instal Buka aplikasi dan salin kode di baris kedua yang disebut “Google Service Framework (GSF).
  3. Buka halaman website sertifikat google disini .
  4. Masukkan ID Perangkat GSF Anda di kotak “ID Android”.
  5. Setelah Anda mengetuk “Register/Daftar“, ID Ponsel Android yang Anda daftarkan akan muncul di halaman.

Cara ini seharusnya memungkinkan Anda menggunakan aplikasi Google Play, tetapi kami tidak dapat memberikan jaminan untuk setiap perangkat yang ada di luar sana. Jika Anda setidaknya ingin mengakses Play Store dan beberapa aplikasi dasar ada alternatif bagi Anda . Anda dapat akses ke banyak aplikasi pihak ketiga sebagai pengganti google play diantaranya adalah :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *