Panduan dibawah ini membantu Anda untuk mengatasi kesalahan saat menggunakan aplikasi sp flash. Saya akan mencoba untuk membahas Kode error yang sering terjadi di aplikasi SP Flash. Jenis kesalahan BROM dapat diidentifikasi dengan BROM Error Code yang ditampilkan.

1. Masalah : Ponsel mati dan tidak bisa dihidupkan kembali setelah melakukan flash dengan software SP Flash

Cara Memperbaiki : Pastikan file ROM yang anda gunakan sudah sesuai dengan jenis,model dan tipe Ponsel Anda, Lakukan Flash ulang dengan menggunakan ROM yang baru .

2. Masalah: Ponsel hang/stuck/frezee di Menu logo dan tidak bisa masuk ke menu home screen setelah melakukan Flash.

Cara Memperbaiki : Cobalah untuk meng-upgrade versi firmware ponsel yang Anda flash, atau coba gunakan ROM lain yang sesuai denganponsel Anda.

3. Setelah melakukan flash, ponsel saya hanya menampilkan warna putih, layar seperti terbagi menjadi beberapa bagian, setelah saya melakukan flash dengan aplikasi SP Flash

Cara Memperbaiki : ROM / Firmware yang Anda gunakan di perangkat Anda tidak kompatibel dengan perangkat/ponsel Anda, coba cari source ROM yang terpercaya/resmi.

4. Ponsel/ perangkat terputus saat melakukan proses flash

Cara Memperbaiki : Cobalah menggunakan kabel USB yang berbeda.

5. Aplikasi SP Flash terus di 0% – SP Flash hang pada 0%

Cara Memperbaiki : Cobalah cek perangkat Anda, apakah notifikasi hanya menunjukkan sinyal pengisian? Jika ia, ini berarti driver belum terinstall/ tidak terinstall secara benar. Cobalah untuk menginstall  kembali driver USB VCOM dan pastikan sudah terpasang sepenuhnya. Untuk melihatnya Anda bisa melihat di device manager.

6. Muncul Error 4032 – BROM ERROR : S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032) [EMI] Enable DRAM fail

Cara Memperbaiki: Sebelumnya pastikan terlebih dahulu file yang Anda gunakan  adalah versi yang tepat dengan model telepon Anda. Jika sudah, sekarang coba formatkan ponsel Anda tapi jangan sampai memformat boot loader sebelum melakukan flash. Terkadang, perangkat yang diproduksi pada tahun 2014 juga menghasilkan kode kesalahan ini, solusinya download preloader dan pindahkan ke folder target_bin dan ganti nama atau pindahkan checksum.ini dari target_bin.

Ini akan menjadi solusi terbaik untuk mengatasi error Error 4032 – BROM ERROR : S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032) [EMI] Enable DRAM fail, SP Flash Tool tidak dapat mengaktifkan DRAM atau berkomunikasi secara efektif dengan masalah perangkat Anda oleh sebab itulah muncul error tersebut.

7. Error 5054 – BROM ERROR S_DL_GET_DRAM_SETTINGS_FAIL (5054)

Cara Memperbaiki : Coba pastikan kembali file ROM yang Anda download apakah sesuai dengan tipe ponsel Anda. Pastikan Anda menggunakan versi file yang benar untuk perangkat Anda. Jika versi ROM sudah sesuai dengan perangkat Anda, cobalah lakukan format di Apliasi SP Flash sebelum melakukan Flash.

8. Error 5056 – BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069),

Cara Memperbaiki : Ini berarti file ROM yang ingin Anda flash lebih besar daripada ruang yang tersedia di ponsel Anda atau di partisi perangkat Anda, Pastikan file yang ingin Anda flashing tepat untuk model perangkat Anda, cobalah ROM lain.

9. Error 1022 itu berarti versi aplikasi SP Flash tidak cocok dengan ponsel Anda atau Mode USB yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik.

Cara Memperbaiki : Lakukan Perubahan Mode USB lain. Jika masih tidak bekerja  download versi terbaru dari Aplikasi SP Flash.

10. Error 1040: S_UNSUPPORTED_OPERATION file boot flash Scatter.txt Doesn’t match.

Cara Memperbaiki : Cukup download file flash recovery yang sesuai.

11. Error 2005: S_BROM_CMD_STARTCMD_FAIL

Cara Memperbaiki : Kesalahan ini terjadi karena file flash tidak lengkap, cukup buka kembali aplikasi SP Flash, dan lanjutkan proses flash.

12. Error 3144: S_DA_EMMC_FLASH_NOT_FOUND

Cara Memperbaiki : Masalah ini terletak pada File booting flash Scatter.TXT mismatch, pastikan file recovery sudah benar! Perhatikan partisi EMMC dan partisi MTD menggunakan file TXT yang berbeda!

13. Error 4004: Driver Error

Cara Memperbaiki : Cobalah untuk menginstal ulanng driver MTP, jika tidak bekerja, Unistall driver dan instal ulang lagi atau instal restart komputer Anda jika Anda baru saja menginstall driver MTP.

14. Error 4032: Operation Skill Problems

Cara Memperbaiki : Tekan tombol volume bawah, cara tersebut bisa memicu progress bar kuning akan terus berlanjut. Sebaiknya pasang baterai di ponsel selama proses flash.

15. Error 5066: S_DL_PC_BL_INVALID_GFH_FILE_INFOR

Cara Memperbaiki: Kesalahan ini muncul saat mengimpor file boot TXT. Anda perlu memeriksa apakah file itu benar atau tidak.

16. Error 8038: SP FLASH TOOL ERROR

Cara Memperbaiki : Jika Anda mengalami kesalahan ini, Anda perlu mengklik “upgrade firmware” untuk memulai flash. Ini karena versi Aplikasi SP flash tidak sesuai dengan ponsel Anda.

17. Error 8100: Cannot find USB port ! Ini karena driver USB tidak dikenali sepenuhnya atau tidak terinstall .

Cara Memperbaiki : Instal ulang driver dan restart komputer Anda. Atau kalau mau Simple cobalah gunakan komputer/laptop yang lain.

18. Error 8200: Error ini muncul karena OS dari ponsel Anda bukanlah platform chip yang sama dengan file Recovery yang Anda gunakan.

Cara Memperbaiki : Temukan file recovery yang tepat untuk ponsel Anda.

19. Error Initialize scatter failed : Inisialisasi scatter file gagal. Silakan cek nama file scatter yang ada di load legal, SP flash tidak menerima format nama dari file scatter , folder dan segala sesuatu yang terhubung ke file scatter .

Cara Memperbaiki : Pastikan file scatter , dan folder lain memiliki format nama tanpa mengandung karakter yang unik seperti tanda @#$%^&* dan sebagainya.

20. Error 8038 Android download pmt is ready and layout has been changed, ini berarti Applikasi SP Flash sedang mengalami masalah menulis ke partisi perangkat Anda karena beberapa ketidak cocokan

Cara Memperbaiki : Format terlebih dahulu perangkat Anda, tapi jangan memformat bootloader dan kemudian coba flash lagi dengan menggunakan tombol download (Upgrade)

21. Error 4008 Berhenti di bar ungu setelah selesai bar merah.

Cara Memperbaiki : Keluarkan baterai, dan pasang kembali, masuk ke REC dan pilih matikan telepon. Lalu nyalakan lagi.

Jika ada masalah lain, silahkan tinggalkan komentar di form dibawah ini :

 

10 KOMENTAR

    • BROM ERROR: S_BROM_CMD_STARTCMD_FAIL(2005)
      (BROM) Can not pass bootrom start command via USB cable!
      Alasan utama munculnya pesan error ini adalah Versi Flashtool tidak cocok dengan ponsel Anda karena adanya perubahan dalam (versi chipset). Cobalah Download Versi Flashtools Terbaru untuk mengatasi masalah ini.

    • Error 2035
      BROM ERROR: S_BROM_CMD_JUMP_DA_FAIL (2035)
      Artinya adalah: Aplikasi SP Flash mengalami kesalahan saat menyambungkan ke perangkat.
      Solusi error ini :
      1. Uninstall semua driver Mediatek dan kemudian install kembali VCOM drivers
      2. Disable modem manager yang memblokir port di PC Anda
      3. Pastikan baterai sudah terpasang sebelum Anda hubungkan ke PC.

      • betul om..
        update dlu drivernya dengan (android cdc driver) donlod d google banyak*

        sy pernah ngalamin error (2035) solusinya update/instal ulang driver

    • Arti dari error tersebut adalah Anda memerlukan akun resmi sebelumnya yang sudah didaftarkan. pastikan Anda memiliki akses ke akun tersebut

    • ERROR: STATUS_UPLOAD_EXCEPTION
      Artinya: SP Flash tidak dapat terhubung/terkoneksi dengan ponsel Anda
      Solusi untuk mengatasi ini :
      1. Coba cek kabel USB Anda atau gunakan kabel USB lain (Ada kemungkinan Kabel USB tidak cocok atau rusak)
      2. Coba lakukan proses flashing tanpa baterai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here