Cara memperbaiki error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” pada ponsel Anda.

Jika Anda sedang mengalami masalah error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update”  baik itu saat mencoba mengakses google Play Store untuk mendownload maupun memperbarui suatu aplikasi dan game.

Jika Anda menggunakan iOS (iphone) error error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” ini juga bisa terjadi saat Anda mengupdate suatu aplikasi di app store maupun saat Anda ingin mengupdate versi iOS Anda.

Berikut ini kami menyarankan beberapa langkah dan perbaikan untuk mengatasi error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” di ponsel Anda.

Jika Error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” ini terjadi pada Anda pengguna Ponsel Android . Lakukan langkah-langkah perbaikan dibawah ini :

Catatan : Sebelum masuk ke tahap perbaikan lebih lanjut , pastikan terlebih dahulu konfigurasi sederhana pada ponsel Android Anda, diantaranya adalah :

  1. Pastikan settingan tanggal dan waktu pada ponsel Android Anda sudah sesuai dengan wilayah Anda.
  2. Pastikan ponsel Anda bukan dalam keadaan di root, karena jika Anda menggunakan ponsel Android yang sudah dalam keadaan di root. Kemungkinan Server google sudah mendeteksi nya, sehingga Ponsel Anda tidak bisa mendapatkan update baik itu update untuk aplikasi maupun update sistem.
  3. Jika Anda menggunakan ponsel android yang sudah di root, kami sarankan untuk mendownload versi APK terbaru pada aplikasi yang ingin Anda update. Atau Anda bisa mengganti room Anda ke room resmi.  
  4. Pastikan koneksi internet Anda tidak ada masalah. Jika Anda menggunakan aplikasi VPN/Proxy dan lain nya , untuk sementara di nonaktifkan dulu.

Jika 4 Syarat diatas sudah Anda perhatikan , namun pesan error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” masih ada lakukan langkah-langkah perbaikan dibawah ini :

  • Restart ponsel Android Anda terlebih dahulu
  • Buka Menu Pengaturan > Aplikasi >  Google Play Store > Clear Cache dan Data

Coba tes , jika error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” masih muncul cobalah untuk menghapus dan menginstall kembali google play store Anda dengan cara :

Setting > Application Manager > Google play store. Selanjutnya , pilih“Uninstall Updates” Kemudian Install kembali.

Pada sebagian besar pengguna dengan cara di atas sudah berhasil mengatasi error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” di ponsel Android. Bagi Anda yang belum berhasil juga silahkan perhatikan perbaikan lanjutan dengan cara Menghapus dan menambahkan kembali akun google

Jika Error “Terjadi kesalahan saat memeriksa update” ini terjadi pada Anda pengguna iOS (iphone/ipad) Lakukan langkah-langkah perbaikan dibawah ini :

Solusi 1 . Pastikan iPhone Anda sudah terhubung ke Wi-Fi dan baterai lebih dari 50 %.
Untuk proses Update sistem iPhone harus terhubung Wi-Fi sebelumnya, dan masa pakai baterai harus 50% . Jika Anda sebelumnya sudah terhubung ke WIFI cobalah untuk disconect dulu beberapa saat kemudian hubungkan kembali.

Solusi 2. Restart iPhone/ipad Anda.

Jika tip 1 tidak berfungsi, Anda dapat mencoba me-restart iPhone iPad Anda


Solusi 3. Reset Pengaturan Jaringan Anda.

Terkadang, masalah ini  bisa juga terjadi karena jaringan dan konfigurasi jaringan Anda. Anda dapat mengatur ulang untuk memperbaikinya: Buka menu  Settings > General > Scroll kebawah  Reset > Tap on Reset Network Settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *