Penyebab error “the application was unable to start correctly 0xc00005” dapat beragam, beberapa alasan umum di balik error ini adalah: masalah registri, RAM, fungsi DEP, driver rusak, infeksi virus, update keamanan sistem yang salah, dll. Dalam banyak kasus, sulit untuk mengetahui penyebab sebenarnya dan Anda mungkin perlu mencoba berbagai solusi untuk menghilangkan error ini. Selain itu, kode error ini dapat berupa efek dari menggunakan beberapa aplikasi maupun software pihak ketiga.
Kalau dilihat dari error mungkin Anda merasa agak rumit, tetapi solusi memperbaiki masalah ini  sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah Cara memperbaiki  error : “the application was unable to start correctly 0xc00005” pada Windows 7/8/10 :

1. Scan komputer Anda menggunakan Antivirus bawaan microsoft “windows defender”

Cara pertama ini, cukup sederhana yaitu dengan cara lakukan full scan di komputer Anda dari malware dan virus menggunakan “windows defender”.  Efek dengan adanya malware pada suatu komputer dapat mencegah sistem mengakses berbagai program, aplikasi, dan tools. Sebaiknya Scan sistem Anda dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan Windows Defender (program antivirus bawaan), yang melindungi komputer Anda dari virus, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Atau Anda dapat menjalankan suite antivirus pihak ketiga lain jika Anda sudah menginstalnya.

2. Matikan DEP

Jika Anda mengalami Kesalahan Aplikasi 0xc0000005 ketika mencoba menjalankan suatu aplikasi atau program tertentu, Anda dapat menambahkannya sebagai pengecualian dalam Data Execution Prevention  (DEP). DEP adalah fitur keamanan dalam sistem operasi Windows yang membantu mencegah kerusakan komputer Anda dari berbagai virus dan ancaman keamanan lainnya.

– Pada Run ketikkan perintah :

sysdm.cpl

– tekan tombol enter

– pada System Properties, buka tab  “Advanced” dan klik “Settings” pada performance

– Pilih tab Data Execution Prevention > Pilih Options “Turn on DEP for all program and services axcept those I select “ > Add >pilih file .Exe program yang menampilkan pesan error “the application was unable to start correctly 0xc00005” tadi.

– klik Apply > Ok

3. Jalankan  System File Checker

Memeriksa File Sistem adalah utilitas Windows yang memungkinkan pengguna memindai kerusakan pada file sistem dan memulihkannya. Panduan ini menjelaskan cara menjalankan tools System File Checker tool (SFC.exe) untuk memindai file sistem dan memperbaiki system yang hilang atau rusak.

Untuk menjalankan perintah System File Checker tool cukup mudah :

  • Buka CMD > Klik Kanan > Run as Administrator
  • Di jendela Command Prompt, ketik :
sfc / scannow  

dan kemudian tekan Enter untuk memulai proses scan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here