Cara Memperbaiki Error WIFI Authentication di Android (Kesalahan Otentikasi)

Beberapa hari yang lalu saya mencoba menggunakan Android saya untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi yang pernah saya hubungkan sebelumnya, namun tidak bisa . Kemudian muncul inisitif untuk  mengetikkan ulang kata sandi wifi lagi. Setelah mengetikkan kata sandi dan melihat proses ponsel android saya sedang mencoba untuk terhubung ke wifi, namun setelah itu muncul notifikasi error Authentication error” / “Kesalahan Otentikasi”.

Apakah hal ini juga terjadi pada Anda? Jika ia berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi Authentication error saat menghubungkan ponsel Android ke WIFI.

1. Aktifkan Mode Pesawat

Ini adalah cara yang sederhana namun berguna karena terkadang jaringan ponsel Anda bisa mengganggu telepon Anda untuk mencoba terhubung ke jaringan WIFI.

2. Reset Koneksi WIFI

Melakukan pengaturan ulang koneksi WiFi bisa menjadi jawaban atas masalah Anda. Ini adalah solusi yang telah berhasil dilakukan bagi banyak orang, dan mudah-mudahan ini juga akan berhasil juga untuk Anda. Caranya :

Buka Setelan perangkat Anda dan ketuk WiFi > Temukan jaringan yang sulit Anda hubungkan ke jaringan WiFi > Tekan lama pada jaringan baik SSID /Nama Jaringan, kemudian Anda akan melihat jendela kecil dengan pilihan untuk melupakan jaringan atau memodifikasi konfigurasi jaringan. Anda cukup Ketuk pada opsi Forget Network kemudian hubungkan kembali.

3. Ubah Tipe Jaringan

Alasan lain mengapa Anda memiliki masalah otentikasi ini adalah dikarenakan terjadi konflik IP address. Jika itu kasus Anda, maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengubah pengaturan jaringan nirkabel dari DHCP (default) ke Static IP dan sebaliknya.

4. Reset Ulang Pengaturan Jaringan

Jika semua opsi diatas gagal, maka sepertinya Anda tidak punya pilihan selain mereset jaringan Anda semuanya. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Cadangkan & setel ulang> Jaringan reset dan ketuk pada Reset Settings. Prosesnya ini tidak memakan waktu terlalu lama, tapi bila sudah selesai, cobalah untuk masuk kembali ke jaringan WIFI yang gagal tadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *