Facebook mendefinisikan spam seperti yang dilakukan kebanyakan orang yang menggunakan layanan ini: konten yang tidak diinginkan, kiriman berlebihan ke Timeline Anda, dan permintaan pertemanan yang berlebihan. Meskipun spam mungkin dikirim oleh pengguna akun, lebih umum spam itu dihasilkan oleh aplikasi jahat atau peretas yang telah memperoleh akses ke sebuah akun pengguna.

Berikut adalah Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam :

1. Melaporkan Spam

Melaporkan apa pun yang Anda anggap sebagai spam hanya membutuhkan beberapa klik saja di facebook. Klik tanda Opsi(Tanda titik 3 …)di dekat setiap kiriman dan pesan pribadi di Facebook untuk melihat opsi “Laporkan / Tandai sebagai Spam” atau cukup “Saya Tidak Suka Kiriman Ini”. Setelah Anda mengklik pilihan ini, Facebook meminta Anda untuk memberikan informasi tambahan tentang mengapa Anda melaporkannya. Selain menandai spam, Anda juga dapat membatalkan pertemanan, berhenti mengikuti, atau memblokir akun seseorang.

2. Lakukan Peninjauan pada aktivitas akun dan hapus spam

  • Untuk mendeteksi dan menghapus spam difacebook . Periksa riwayat login Anda untuk mengetahui adanya login yang mencurigakan. Jika ternyata ada aktifitas yang tidak Anda lakukan, segera lakukan penggantian password guna menghindari pembajakan akun facebook.
  • Jalankan tinjauan pada postingan atau Like terbaru yang Anda lakukan. Karena setiap postingan yang Anda like atau ikuti, otomatis juga akan memposting timeline di facebook Anda. Lakukan unlike jika Anda merasa terganggu.
  • Periksa Log Aktivitas Anda dan hapus tindakan yang tidak diinginkan.
  • Periksa aplikasi dan game yang terinstal dan hapus yang tidak Anda percaya.
  • Hapus foto, postingan, Halaman, grup, atau acara yang tidak Anda buat.

3. Bagaimana Facebook Menanggapi Spam ?

Cara Facebook menanggapi item yang Anda laporkan sebagai spam bervariasi. Facebook dapat menghapus postingan jika dianggap melanggar standar komunitasnya. Atas kebijakannya sendiri, Facebook dapat memperingatkan pengguna, menonaktifkan atau menangguhkan akun yang mengirimkan spam. Misalnya, jika Anda menandai kiriman teman sebagai spam, mungkin akunnya telah dibajak atau ada malware yang mengeposkan dari akunnya. Dalam hal ini, Facebook mengirimkan pesan kepada pemilik akun yang memberitahukan apa yang mereka lakukan dan mengapa. Jika Anda memiliki halaman Facebook dan menandai sesuatu sebagai spam, halaman itu dihapus dari tampilan semua orang yang mengunjungi halaman Anda, kecuali orang yang meletakkannya di sana dan teman-temannya.

4. Tindakan Facebook Lebih Lanjut

Selain hanya menghapus konten dan memperingatkan pengguna untuk berhenti mengirim spam, Facebook dapat memilih untuk memblokir seseorang dari mengakses akunnya, mengunci akun atau menonaktifkan akun secara permanen. Akun yang diblokir berarti Anda tidak dapat masuk ke Facebook untuk jangka waktu tertentu, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Jika akun Anda telah dikunci, Anda perlu membuktikan identitas Anda dengan menjawab pertanyaan keamanan yang Anda gunakan saat membuat akun atau dengan meminta teman terdekat membantu Anda membuka kunci akun. Facebook mengirimkan kode kepada teman Anda, yang mereka berikan kepada Anda sehingga Anda dapat membuka kunci akun Anda. Facebook memberikan instruksi bagaimana melakukan ini. Untuk mengaktifkan kembali akun yang dinonaktifkan, kirim banding ke Facebook secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here