Cara Memperbaiki File Word/ Excel /Outlook Yang Rusak dan Corrupt

Kadang-kadang file word/excel  bisa rusak dan Corrupt yang disebabkan oleh beberapa hal,baik itu faktor hardware maupun software. Yang bisa menyebabkan data anda tidak bisa terbuka atau bahkan hilang(walaupun bisa terbuka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah :

corrupt-ms-word

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba ketika Anda sedang berhadapan dengan dokumen Word/Excel rusak/Corrupt.

1. Jangan terlalu cepat menganggap bahwa file dokumen anda yang Corrupt.

Karena kita berasumsi bahwa dokumen corrupt bisa menjadi masalah yang besar dan susah untuk diperbaiki.Penyebabnya bisa terjadi pada software atau System operasi Windows yang memiliki masalah.Sebelum Anda melangkah untuk mencoba untuk memperbaiki file, cobalah terlebih dahulu  buka dokumen lainnya. Jika tidak ada masalah, cobalah anda buka file word yang rusak tersebut di komputer lain.

2. Periksa kembali email Anda (Bagi anda yang bermasalah setelah men-download file word/excel dari email)

Dalam banyak kasus, Apabila Anda mendapatkan sebuah file word/excel tersebut dari email, salinan dokumen mungkin masih dalam Inbox Outlook folder Item yang masuk, coba pastikan ukuran file sama dengan yang diemail Anda.

Jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah anda, coba kita masuk ke tahap perbaikan file Word/Excel yang rusak/corrupt.

  1. Menggunakan Fitur “Open and Repair” Microsoft word/excel

Caranya : Buka Microsoft Word/Excel, buka File> Open, dan kemudian pergi ke lokasi atau folder dimana dokumen tersebut disimpan

Klik dokumen yang akan diperbaiki, dan kemudian klik panah di samping Open, dan klik “Open and Repair”.

repair-open-msword

  1. Menggukan Program Repair

Jika cara diatas tidak berhasil, ada sejumlah tools online yang dapat memperbaiki file yang rusak & Corrupt, seperti Aplikasi “DataNumen Word Repair” . yang direferensikan oleh Microsoft Di halaman Support mereka.

Untuk Mencegah file Corrupt/rusak dimasa mendatang.

Masalah dengan file Corrupt biasanya terjadi ketika file tersebut disimpan pada perangkat USB yang terputus saat perangkat terbuka di Windows. Anda dapat mencegah file merusak dengan menggunakan ikon Safely Remove Hardware di taskbar Windows. Ketika anda akan mencabut Harddisk atau Flashdisk dari komputer anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *