Apa yang menyebabkan garis-garis ini muncul pada layar laptop / LCD?

Garis –garis yang muncul di layar LCD laptop sangat umum terjadi. Penyebab munculnya garis-garis ini biasanya karena kabel ribbon/ pita dan kabel koneksi.

Sebuah kabel kabel ribbon/ pita yang rusak dapat menyebabkan beberapa macam masalah, salah satunya muncul garis vertika maupun horizontal pada layar monitor laptop/ LCD monitor . Warna garis biasanya berwarna  biru, hijau, abu-abu, hitam, dan merah. Garis dapat muncul tebal atau tipis. Bahkan kadang-kadang muncul dua garis sekaligus.

Lalu Bagaimana Cara menghilangkan / Memperbaiki Garis-garis di layar laptop/ LCD monitor ini ?

– Cara menghilangkan / Memperbaiki Garis-garis di layar pada laptop

Kabel pita/ribbon  biasanya ditempatkan pada celah-celah panel LCD. Lebih tepatnya di dekat daerah engsel laptop. Apakah penempatan kabel pita/ ribbon ini berbeda pada setiap jenis dan merek laptop ? Tidak !!! Penempatan kabel pita/ribbon sama pada semua jenis laptop, Tidak peduli apakah itu merek Lenovo, Asus, IBM, Acer, Samsung, Toshiba, atau merek lainnya!

Mari kita mulai untuk memperbaiki garis-garis pada layar monitor laptop /LCD :

1. Setiap laptop memiliki socket yang menyediakan untuk output VGA,

      Gambar: Output VGA pada Laptop

maka hal pertama yang harus dilakukan adalah untuk menghubungkan monitor lain untuk melihat apakah terdapat garis-garis pada monitor yang tersambung tadi. Jika tidak ada, maka Saya dapat meyakinkan Anda kalau video chipset dan motherboard masih dalam keadaan bagus, dan munculnya garis-garis itu dikarenakan masalah koneksi pada kabel pita/ ribbon laptop Anda.

Solusinya sangat sederhana, Cara terbaik adalah untuk membersihkan soket dan kontak pada kabel pita/ ribbon. Seperti gambar dibawah ini :

2. Lalu Bagaimana setelah disambungkan kabel VGA Laptop ke monitor lain masih muncul garis-garis ?

Hal ini terjadi biasanya karena kabel pita/ ribbon retak, terjepit bahkan putus.

Solusi satu-satunya adalah Mengganti kabel pita/ ribbon laptop. Anda tidak perlu kuatir soal harga kabel pita/ ribbon laptop ini Anda bisa membelinya di toko-toko online dengan harga sekitar 75 Ribu – 250 Ribu tergantung jenis dan merek laptop Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here