Seperti kita ketahui Google Play Store adalah platform untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game untuk android.  Hari ini kita akan membahas topik “Bagaimana cara memperbaiki Play Store tidak bisa mendownload aplikasi  maupun game. Di sini saya akan membagikan beberapa solusi yang akan membantu Anda dalam menyelesaikan kesalahan ini :

1. Restart Ponsel Android Anda

Dalam banyak kasus,dengan merestart ponsel dapat menyelesaikan masalah ini. Juga,fungsi restart ini akan mematikan aplikasi yang tidak digunakan dan tidak berfungsi dengan baik. Jadi, coba restart ponsel Anda terlebih dulu.

2. Pastikan koneksi internet Anda berjalan dengan lancar.

Sebelum mengunduh aplikasi apa pun, pastikan koneksi internet Anda tidak mengalami masalah . Terkadang koneksi yang lemah juga dapat mengakibatkan situasi seperti ini. Akan lebih baik jika Anda dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk mengunduh aplikasi. Jika Anda tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan koneksi data seluler Anda kuat dan stabil. Setelah Anda memastikan tidak ada kendala dengan koneksi internet Anda, coba unduh aplikasi lagi dari play store.

3. Hapus Cache dan Data dari Aplikasi Google Play Store.

Google Play Store menghasilkan cache dalam jangka panjang. Cache membantu menjalankan aplikasi dengan lancar tetapi terkadang file yang rusak di dalam cache juga bisa menjadi salah satu alasan terjadinya kesalahan tersebut. Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus cache dan data dari google play store.

– Buka menu Pengaturan
– Buka Aplikasi > pilih Google Play Store.
– Buka Google Play Store dan pilih paksa berhenti.
– Pilih Clear Cache dan Data.
Cobalah tes untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.

Jika dengan semua cara diatas belum berhasil, Ulangi langkah ketiga yang disebutkan di atas dan hapus cache dari Google Play Services .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here