Masalah dengan jack headphone pada smartphone maupun laptop tidak jarang seperti yang Anda kira. Itu terjadi pada banyak orang dan bisa sangat membuat bingung, terutama bagi Anda yang suka mendengarkan musik secara menggunakan headset/ headphone.

Posting pada artikel ini akan memandu Anda melalui beberapa solusi perbaikan yang akan menyelesaikan masalah ini.

1. Pastikan Headset/ headphone Anda tidak rusak

Langkah pertama ketika Anda menemukan jack headset Anda tidak berfungsi adalah dengan memastikan headset Anda tersebut tidak rusak, Anda dapat mencoba menghubungkannya ke perangkat lain seperti ke Laptop, TV, atau ponsel. Jika Anda tidak dapat mendengar audio apa pun saat menggunakan headphone dengan perangkat lain, Anda telah menemukan sumber masalahnya. Cukup ganti headset/ headphone . Tapi jika headset Anda bekerja dengan baik dengan perangkat lain, berarti ada yang salah dengan port headset Anda. Saatnya mencoba salah satu perbaikan lain dibawah ini.

2. Periksa untuk melihat apakah smartphone terhubung ke perangkat lain melalui Bluetooth

Jika port headset yang rusak pada ponsel atau laptop Anda dipasangkan dengan speaker , headset perangkat lain melalui Bluetooth, mungkin saja jack headphone dinonaktifkan secara otomatis. Biasanya, saat Anda mencolokkan headphone, ponsel akan mengenalinya dan semuanya harus berfungsi sebagaimana mestinya terlepas dari pengaturan Bluetooth. Jadi, temukan pengaturan opsi Bluetooth, dan periksa untuk melihat apakah port jack headset sudah aktif. Dalam hal ini, ponsel kemungkinan besar dipasangkan dengan salah satu perangkat lain yang Anda miliki di rumah. Jika itu masalahnya, matikan saja, colokkan headset Anda, dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika masih tidak berfungsi, Anda harus melanjutkan ke solusi berikutnya dibawah ini.

Catatan :

Jika ini terjadi pada laptop Windows 10 Anda, periksa pengaturan di app volume and device preferences. Dan pastikan pada bagian input dan output sudah memilih headset/ headset Anda di pengaturan yang ada disana.

3. Bersihkan jack Headset/ headphone

Seperti yang dapat Anda bayangkan, banyak debu, serta serat, dapat masuk ke jack headphone dari waktu ke waktu. Ini mungkin saja penyebab masalahnya, karena kotoran sebenarnya dapat memblokir koneksi antara headphone dan jack headset Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan jika jack headphone Anda tidak berfungsi adalah melihat ke dalam jack untuk melihat seberapa kotor jack headphone itu sebenarnya. Senter mungkin berguna untuk melakukan ini. Langkah selanjutnya adalah mencoba dan membersihkannya . Anda bisa melihat video dibawah ini untuk membersihkan jack headset pada ponsel atau laptop Anda.

4. Restart Ponsel

Solusi ke empat ini adalah memastikan tidak ada bug pada system operasi device Anda, untuk memperbaiki bug, Anda dapat merestart ponsel atau laptop Anda untuk melakukan perbaikan otomatis dan sederhana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here