Cara Mengatasi Ponsel / HP Android Yang Ngeblank

0

Bagi Anda pengguna HP atau Ponsel Android mungkin pernah mengalami masalah, dimana tiba tiba ponsel Android ngeblank. Alasan dan kenapa masalah ponsel Android mengalami ngeblank bisa disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya adalah : Menginstal aplikasi yang tidak kompatibel, masalah charger yang tidak sesuai, masalah layar, masalah bug sistem dan beberapa penyebab lainya.

Ada beberapa solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan sendiri untuk memperbaiki dan membuat hp android Anda dapat berfungsi normal kembali kembali, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Restart Ponsel Android Anda

Solusi pertama adalah solusi yang mudah dan sederhana, namun efektif untuk mengatasi masalah error yang sering terjadi di ponsel android. Salah satu fungsi restart di ponsel Android adalah untuk memperbaiki masalah bug sistem dan aplikasi yang sedang terjadi secara otomatis.

Jadi RESTART ponsel android Anda, jika tiba tiba hp android Anda ngeblank.

2. Hapus Aplikasi Yang Baru Saja Di Instal

Apakah hp android Anda ngeblank sesaat setelah menginstall aplikasi ? Jika ia, kemungkinan aplikasi tersebut tidak support dengan ponsel android Anda.

Solusi terbaik adalah menghapus aplikasi tersebut, pada kebanyakan kasus . Masalah seperti ini terjadi ketika Anda melakukan instalasi dari File APK. Jadi usahakan menggunakan aplikasi android dari Google Play Store.

3. Update Sistem Android Anda

Selanjutnya adalah dengan melakukan update pada sistem operasi Android Anda. Sistem android jika sudah lama tidak diupdate dapat menyebabkan beberapa masalah error, termasuk masalah ponsel yang tiba tiba ngeblank saat digunakan.

4. Kalibrasi Ulang Layar HP Android Anda

Solusi perbaikan ke empat ini adalah dengan melakukan kalibrasi ulang pada ponsel Android Anda, untuk langkah langkah dan cara melakukan kalibrasi ulang pada layar ponsel Android sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link artikel dibawah ini :

Cara Kalibrasi Ulang Layar Ponsel Android

5. Reset Ponsel Android Anda

Ini adalah solusi terahir yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan melakukan reset factory/ reset pabrik pada ponsel Android Anda.

Catatan : Backup data Anda sebelum melakukan reset. Karena melakukan reset akan menghapus semua data yang ada pada ponsel Anda.

Dengan melakukan reset pabrik, ponsel Anda akan kembali pada saat Anda membeli ponsel tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini