Bagi Anda pengguna provider Telkomsel mungkin pernah mengalami masalah pada jaringan internet  maupun layanan telepon pada operator ini, berikut ini adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada telkomsel diantaranya adalah :

  1. Tidak bisa internet padahal kouta telkomsel masih banyak
  2. Terhubung ke jaringan internet namun tidak bisa melakukan browsing
  3. Koneksi jaringan lambat padahal sudah pakai 4G/3G
  4. Tidak bisa melakukan penggilan telepon
  5. Dan masalah lainnya.

Jika Anda sedang mengalami salah satu dari masalah diatas , berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki masalah tersebut :

  1. Cek Kouta Internet dan Pulsa Anda terlebih Dahulu

Sebelum masuk ke tahap perbaikan pastikan terlebih dahulu Anda mempunyai kouta internet dan pulsa yang cukup, Ya ! Jika Anda tidak mempunyai kouta internet pasti Anda tidak bisa internetan . Bagi Anda pengguna kartu prabayar seperti kartu Hallo, pastikan juga Anda sudah membayar tagihan. Ok. Sekarang saya anggap Anda telah mempunyai Kouta dan pulsa telkomsel. Jika masalah masih ada kita masuk pada tahap-tahap perbaikan teknis untuk memperbaiki Jaringan Telkomsel Error/ bermasalah.

  1. Cek Pengaturan APN

Untuk melihat pengaturan APN Anda sudah benar atau belum Anda bisa pergi ke :

Menu Pengaturan> Mobile Network > Access Point Names > APN > pilih Reset to Default

* ** Jika diponsel Anda tidak ada pilihan Reset To Default Anda bisa mengecek kebenaran pengaturan APN dengan cara memilih nama APN yang sudah Ada kemudian periksa bagian APN berisi : “internet “dan kosongkan username & passwordnya kemudain simpan

Jika sudah saya merekomendasikan untuk merestart ponsel Anda terlebih dahulu.

  1. Menyegarkan Jaringan

Jika dengan cara diatas belum mengatasi masalah Anda, coba lakukan langkah ke tiga ini dengan cara, menyegarkan kembali jaringan ponsel Anda.

Menu Pengaturan> Mobile Network > jika pada pilihan ini Anda berada pada pengaturan otomatis cobalah mengubah ke pengaturan manual terlebih dahulu, > pilih salah satu jaringan provider jaringan lain selain telkomsel > jika sudah >pilih lagi jaringan Telkomsel. Kemudian restart ponsel Anda.

*** Jika belum bisa coba ubah kembali ke pengaturan otomatis.

  1. Matikan Aplikasi APN /Proxy

Jika Anda menggunakan aplikasi APN, nonaktifkan aplikasi ini untuk sementara dan setelah aplikasi non aktif coba tes koneksi internet Anda.

Jika masalah masih berlanjut kemungkinan besar masalah terjadi pada server/ jaringan telkomselnya, biasanya masalah ini terjadi tidak begitu lama. Untuk lebih pastinya Anda bisa menghubungi layanan Costumer Service Telkomsel atau datang ke Grapari Telkomsel.

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika Anda ada yang ingin ditanyakan. Semoga membantu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here