Kartu SD adalah perangkat penyimpanan yang sangat populer dan banyak digunakan di ponsel Android ,kamera Digital (DSLR) dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagimana caranya memperbaiki kartu SD yang rusak.

Ada beberapa alasan mengapa kartu SD rusak. Beberapa di antaranya penyebabnya adalah :

  • Kerusakan fisik pada kartu SD
  • Sistem file kartu SD yang corrupt
  • Terkena virus
  • Dan penyebab lainnya

Jadi jika saat ini Anda memiliki kartu SD yang rusak, jangan buru-buru untuk membuangnya, karena dari pengalaman kami kartu SD yang rusak masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali.

Berikut ini adalah cara memperbaiki kartu SD yang rusak :

Solusi Pertama : Perbaiki Kartu SD yang Corrupt/ System File yang Rusak.

1. Hubungkan kartu SD ke komputer Anda

Hubungkan kartu micro SD yang terpengaruh ke komputer Anda. Terkadang ada masalah kompatibilitas yang dapat mencegah perangkat mengenali kartu SD.

2. Perbaiki kartu SD yang rusak menggunakan perintah Command Prompt

Sekarang jalankan Command Prompt dan ketik “chkdsk h: / r”, di mana “h” adalah huruf drive dari kartu SD Anda (untuk melihat informasi huruf ini bisa pergi ke File Explorer Windows).

Perintah chkdsk ini akan memindai kartu SD yang rusak dan memeriksa masalah serta memperbaiki kartu micro SD yang rusak. Setelah proses scan selesai. Format terlebih dahulu kartu SD dengan cara :

Buka File Explorer > Klik kanan pada Kartu SD Anda tadi > Kemudian pilih Format

Setelah itu coba hubungkan kartu memori Anda ke perangkat Ponsel/Camera / DLl untuk melihat apakah “kartu SD yang rusak tadi sudah normal kembali ? ”.

Jika Belum ikuti perbaikan lebih lanjut pada artikel sebelumnya dibawah ini :

Atau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here