Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

0

Layar hitam pada sebuah laptop dapat dipicu oleh berbagai macam masalah, seperti masalah driver, VGA Display, System yang Korup, masalah hardware , dan faktor penyebab lainnya. Dan ini bisa terjadi pada versi windows apapun, baik itu windows 10 maupun windows 11. Pada laman resmi Microsoft juga menyebutkan error seperti ini biasanya di tandai dengan munculnya error bluescreen dengan notifikasi error :

Untuk membantu kamu untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi yang telah kami sediakan pada tips dibawah ini.

1. Lakukan Soft Reset Pada Laptop

Maksud reset dibawah ini bukanlah reset yang dapat menghapus data Kamu, namun reset yang dimaksud adalah reset hardware. Untuk melakukannya ikuti langkah langkah dibawah ini:

  • Matikan Laptop Kamu dengan cara melepas baterai laptop
  • Dan pastikan media lainnya seperti mouse, flashdisk, hardisk ekternal, kabel pengisi daya yang terhubung ke laptop juga di lepas.
  • Diamkan laptop Kamu dalam keadaan mati dan tanpa baterai lebih kurang selama 15 Menit
  • Tekan dan tahan tombol Power Laptop, pada kondisi tombol power yang di tahan pasang kembali baterai laptop Kamu.
  • Nyalakan kembali laptop seperti biasanya, dan sambungkan kabel daya (hanya kabel daya, jangan pasang dulu perangkat yang lain seperti mouse/ USB flashdisk)

Apakah layar hitam masih muncul ? jika ia, lanjutkan solusi kedua dibawah ini :

2. Lakukan Refresh Pada kartu Grafis

Untuk cara melakukan resfresh pada kartu grafis/ VGA ini sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

3. Lakukan Perbaikan Startup Windows

Cara ini menggunakan media installer windows , jadi kamu harus menyiapkan installer windows yang sesuai dengan versi windows yang kamu gunakan, Laku ikuti langkah langkah melakukan perbaikan startup pada artikel dibawah ini :

4. Sambungkan Laptop Kamu ke Monitor

Apabila cara diatas belum juga berhasil, maka saya berasumsi ada kerusakan pada perangkat hardware Kamu. Untuk memastikkannya kamu bisa menghubungkan laptop kamu ke monitor menggunakan kabel VGA atau HDMI.

Dan perhatikan, apakah Anda melihat tampilan windows secara normal seperti biasanya ? jika ia kemungkinan besar ada masalah dengan hardware kamu, untuk ini saya lebih menyarankan Kamu membawa laptop ke tempat service.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here