Cara memperbaiki Pesan Suara di Whatsapp

0

Pesan suara di aplikasi WhatsApp adalah salah satu fitur yang cukup banyak digunakan oleh pengguna WA (Whatsapp) . Namun, fitur pesan suara ini mungkin saja bermasalah saat digunakan. Misalkan jika Anda menerima sebuah pesan suara, pesan suara itu tidak dapat di download atau pesan suara tersebut dapat di download namun tidak ada suara yang terdengar.

Pada kasus lain, beberapa pengguna juga mengalami masalah seperti, pesan suara tidak dapat digunakan atau direkam. Atau muncul pesan seperti “This audio is unavailable” atau “Audio ini tidak tersedia”.

Berikut ini adalah Cara memperbaiki Pesan Suara di Whatsapp :

1. Restart Ponsel atau Perangkat Anda

Sebelum masuk ke perbaikan lebih lanjut, hal pertama sekali yang harus Anda lakukan ketika mengalami masalah pada suatu aplikasi adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu. Karena pada ponsel fungsi restart dapat memperbaiki masalah error dan bug secara otomatis.

Jika dengan melakukan restart, belum berhasil mengatasi masalah. Ikuti langkah langkah perbaikan selanjutnya dibawah ini :

2. Update Aplikasi Whatsapp

Apakah Anda sudah menggunakan whatsapp versi terbaru ? jika belum segera lakukan update pada aplikasi whatsapp Anda. Guna mendapatkan perbaikan error dan fitur baru dari whatsapp.

3. Apakah Memori Internal Anda Sudah Penuh ?

Sebuah pesan suara yang Anda terima di aplikasi WhatsApp secara otomatis akan disimpan ke dalam memori internal ponsel Anda . Jadi, apabila Anda tidak dapat mendengar , mendownload atau membuka pesan suara yang dikirim ke Anda , pastikan terlebih dahulu apakah ada ruangan penyimpanan internal Anda masih tersedia untuk menyimpan file pesan suara. Jika ponsel Anda kekurangan ruang penyimpanan, WhatsApp mungkin gagal memuat atau memutar pesan suara.

Untuk mengatasinya Anda dapat lakukan langkah langkah dibawah ini :

  • Menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan
  • Pindahkan file ke Memori SD Card

4. Keluarkan Aplikasi Pesan Suara lainnya

Jangan menggunakan aplikasi yang memiliki fitur perekam suara atau aplikasi yang menggunakan mikrofon secara bersamaan dengan whatsapp. Contoh aplikasi yang menggunakan fitur mikrofon ponsel Anda diantaranya adalah Zoom, Telegram, aplikasi screen recorder dan aplikasi lainnya.

Jika Anda tidak dapat merekam dan mengirim pesan suara , itu mungkin karena mikrofon perangkat Anda sedang digunakan oleh aplikasi lain. Tutup aplikasi yang mungkin menggunakan mikrofon ponsel Anda dan coba rekam pesan suara lagi.

5. Periksa Mikrofon dan Status Izin di Ponsel Anda

Jika cara diatas belum berhasil, ikuti solusi perbaikan lanjutanya pada artikel yang sudah kami buat sebelumnya tentang : Cara Memperbaiki Mikrofon di WA (WhatsApp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here