Cara Memperbaiki Mikrofon di WA (WhatsApp)

0

Artikel kali ini Kami akan membahas bagaimana cara memperbaiki masalah mikrofon yang tidak bisa berfungsi pada aplikasi WhatsApp, baik itu selama menggunakan panggilan video, voice note, telp atau masalah lainnya. Untuk penyebab masalah ini dapat dipicu oleh masalah sistem pada ponsel Kamu, kesalahan pengaturan dan penyebab lainnya.

Dalam solusi dibawah ini , kami akan mengurutkan tahap perbaikan mulai dari hal yang disebabkan oleh masalah sederhana samapai dengan masalah yang disebabkan oleh hardware perangkat mikrofon Anda.

Berikut ini adalah Cara Memperbaiki Mikrofon di WA (WhatsApp) :

1. Restart Ponsel Kamu

Solusi pertama sekali yang bisa Kamu terlebih dahulu. Karena bisa saja microfon Kamu tidak berfungsi disebabkan oleh bug sistem aplikasi yang tidak terlihat. Karena dengan me restart ponsel dapat memperbaiki bug sistem yang terjadi secara otomatis.

2. Besarkan Volume dan Mikrofon Kamu

Dengan membesarkan volume suara dan mikrofon, bisa mengatasi masalah ini. Karena mungkin saja Kamu tidak sengaja mengecilkan volume mikrofon atau speaker sampai habis. Sehingga fungus mikrofon tidak berfungsi dengan benar.

3. Periksa Izin Akses Mikrofon

Setiap aplikasi yang menggunakan fungsi mikrofon tentu akan memerlukan izin akses di ponsel Android, termasuk aplikasi whatsapp. Oleh sebab itu Anda perlu memberikan akses izin mikrofon di aplikasi whatsapp dengan cara :

  • Pergi ke Menu Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi > Cari dan pilih Whatsapp
  • Klik Permissions
  • Pastikan izin akses mikrofon sudah diaktifkan

4. Lakukan Pengetesan Pada Microfon Kamu

Jika ketiga cara diatas belum berhasil, sebaiknya Anda melakukan pengetesan mikrofon Anda, untuk itu Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Untuk caranya sudah Kami bahas pada artikel sebelumnya dibawah ini :

5. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Selanjutnya Kamu bisa mencoba melakukan installasi ulang pada aplikasi whatsapp, hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki masalah sistem aplikasi yang rusak atau hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here